Dientry oleh Rizda - 14 November, 2017 - 1464 klik
Momen Langka, Anoa di ABC BP2LHK Manado Lahirkan Anak Kedua Secara Alami

BP2LHK Manado (Manado, 14/11/2017)_Anoa (Buballus sp.) bernama Ana di Anoa Breeding Centre (ABC) Manado kembali berhasil melahirkan anak dengan selamat. Rabu (08/11) pukul 21.38 WITA anoa Ana melahirkan anak keduanya, seekor bayi betina dengan berat ± 3,5 kg, panjang ± 60 cm, dan tinggi ± 50 cm di kandang ABC Manado. Yang luar biasa dan merupakan hal yang langka adalah proses kelahirannya berlangsung secara normal dan alami tanpa bantuan medis.

Drh. Adven Three Any Joy Simamora, S.KH, dokter hewan ABC Manado mengatakan bahwa ini adalah kelahiran pertama di ABC Manado yang alami dan tanpa bantuan medis. Drh. Adven juga menjelaskan bahwa faktor utama penyebab kelahiran alami terdapat dua hal.

“Aktivitas fisik yang cukup selama kebuntingan karena anoa Ana dipindahkan ke kandang lebih luas dengan ukuran 25 m x 50 m pada usia kebuntingan 8 bulan (bulan Agustus), dimana luasan kandang ini cukup memadai untuk persiapan proses kelahiran,” ujar Adven.

Drh. Adven juga menambahkan bahwa manajemen pakan yang baik juga berpengaruh terhadap kelahiran alami anoa kali ini. ”Komposisi pakan adalah 10 % dari berat badan dengan jenis pakan yang diberikan adalah rumput, daun, dan buah-buahan, dimana kacang dan buah-buahan komposisinya lebih banyak, Selain pakan diberikan juga kalsium dan vitamin kebuntingan lainnya,” tambah Drh. Adven.

Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa kelancaran kelahiran anoa ini juga tak lepas dari persiapan yang matang dari tim ABC Manado.

Arini menyampaikan bahwa sehari sebelum perkiraan kelahiran tim ABC Manado mengadakan pertemuan membahas pembagian tugas tim dan persiapan kandang isolasi.

“Induk anoa yang bunting diisolasi di kandang isolasi yang berukuran 4m x 6m untuk memudahkan pengamatan sekaligus memudahkan penanganan proses persalinan apabila dibutuhkan bantuan tenaga medis. Sedangkan pemilihan kandang isolasi sendiri memperhatikan kenyamanan anoa Ana, dimana lokasi ini adalah tempat favorit Ana menghabiskan hari harinya pra kelahiran yang kondisinya mendekati habitat aslinya,” kata Arini.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si mengatakan bahwa BP2LHK Manado menjalin kerjasama dengan BKSDA Sulawesi Utara sebagai salah satu upaya untuk melestarikan anoa secara ex-situ melalui kegiatan penelitian dan pengembangan. ABC Manado diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya Bakar pada tanggal 5 Pebruari 2015, mendapat dukungan dari PT. Cargill Indonesia-Amurang dalam bentuk bantuan kandang dan jasa dokter hewan sejak 2015-2017.

Jumlah anoa di ABC Manado hasil sitaan dan penyerahan sukarela masyarakat sampai awal tahun 2017 sebanyak 7 ekor anoa dan bertambah 2 ekor setelah kelahiran pertama anoa jantan (07/02/2017) dan kelahiran anoa betina (08/11/2017). Total sampai saat ini berjumlah 9 ekor anoa dengan komposisi 3 jantan dan 6 betina. Kondisi anak anoa betina yang baru lahir dalam keadaan sehat, sudah menyusu pada induknya bahkan sudah ikut makan rumput sebagaimana yang dilakukan ibunya, Ana.

Anoa (Buballus sp.)  menjadi salah satu pengisi keanekaragaman hayati di kawasan Wallacea yang perlu diperjuangkan kelestariannya. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi yang saat ini termasuk dalam kategori genting dan dilindungi oleh Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Anoa juga digolongkan sebagai satwa terancam punah dalam IUCN Red List Of Threatened Animal dan masuk ke dalam Apendix I CITES.

Dodi mengharapkan dengan keberhasilan peningkatan populasi anoa ini bisa lebih mendapat dukungan dari stakeholder. “ABC Manado merupakan kerjasama BP2LHK Manado dengan beberapa pihak, antara lain BKSDA Provinsi Sulawesi Utara dan PT. Cargill Indonesia di Amurang, sehingga dengan keberhasilan peningkatan populasi anoa ini kami berharap bisa lebih mendapat perhatian serta dukungan dari lebih banyak pihak, baik dari dalam maupun luar negeri untuk pengembangan dan pelestarian anoa lebih lanjut,” tutup Dodi.***MF

 

Artikel terkait :

Staf Khusus Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Kemen PAN-RB Kunjungi BP2LHK Manado

Kunjungan Kapuslitbang Hutan ke BP2LHK Manado: “7T” untuk mencapai keberhasilan seorang peneliti

Kompasiana: Ingat Manado, Ingat Anoa Breeding Centre

Bertambahnya Populasi Anoa, Membuat Keanekaragaman Hayati di Indonesia Terus Bertambah

Cinta Konservasi, Kaka Slank Kunjungi Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Apresiasi Kepala Badan Litbang dan Inovasi untuk Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado

Akan Membangun Suaka Satwa (Sanctuary) Anoa, BBKSDA Sulsel Lakukan Studi Banding ke ABC Manado

Pendidikan Konservasi Anoa: Membangun Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Anoa Sejak Dini

Berita FORDA_Kelahiran Anoa di ABC BP2LHK Manado, Harapan Baru Konservasi di Indonesia

Berita FORDA_Konferensi Pers Kelahiran Anoa (Buballus sp.) di ABC BP2LHK Manado

Berita FORDA_Aliansi Tompotika Berburu Ilmu Konservasi Anoa ke ABC

Berita FORDA_Delegasi ACIAR Kagumi ABC dan Arboretum yang dibangun BP2LHK Manado

Kegiatan Volunteering Mewarnai Geliat Konservasi Anoa

Keberadaan Dokter Hewan, Untuk Memenuhi Kebutuhan Perawatan & Pemeliharaan Anoa

Berita FORDA_Gubernur Dukung Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Berita FORDA_Konservasi Anoa, Menyentuh Hati Biologist Rusia

Link Video Youtube : Anoa Conservation? Yes, We Did

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid