Dientry oleh Rizda - 20 November, 2017 - 1317 klik
Membangun Komitmen Bersama untuk Pengembangan Laboratorium Lingkungan di Daerah

P3KLL (Serpong, 17/11/2017)_Dalam rangka membangun komitmen bersama untuk pengembangan laboratorium lingkungan di daerah, Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Laboratorium Lingkungan Tahun 2017 di Auditorium P3KLL, Serpong, Kamis (16 /11).

“Kegiatan Rakernis Laboratorium Lingkungan Tahun 2017 akan memberikan hasil yang bermanfaat dalam membangun komitmen kita bersama untuk pengembangan laboratorium lingkungan di daerah,” kata Kepala P3KLL, Dr. Wahyu Marjaka Kepala P3KLL dalam laporan pelaksanaan.  

Rakernis tahun 2017 yang bertema “Evaluasi Kegiatan Tahun 2017 dan Rencana Kegiatan Tahun 2018 Dalam Rangka Pembinaan Laboratorium Lingkungan” ini diikuti kurang dari 200 peserta yang terdiri dari perwakilan instansi pengelola lingkungan hidup provinsi, kabupaten/kota, dan dari internal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sedangkan agendanya yaitu presentasi oleh para narasumber yang ditindaklanjuti dengan diskusi panel dan diskusi umum.

Pada sambutannya, Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) yang diwakili oleh Sekretaris BLI, Dr. Sylvana Ratina menyampaikan bahwa kehadiran laboratorium lingkungan yang kompeten menjadi sangat dibutuhkan.

“Seperti kasus kebakaran hutan dan lahan yang tentunya masih segar dalam ingatan kita, menunjukkan bahwa dalam proses penanganannya membutuhkan data kualitas lingkungan yang valid dan representatif sehingga tingkat resiko dapat dipertimbangkan,” kata Sylvana.

Lebih lanjut Sylvana mangatakan bahwa pembinaan  dalam  bentuk pendampingan akreditasi laboratorium dipandang masih relevan untuk dilanjutkan dan perlu ditingkatkan melalui pendekatan yang efisien. Sehingga target ketersediaan laboratorium terakreditasi di 15 provinsi sampai dengan tahun 2019 dapat diwujudkan. Namun, tanpa komitmen dari laboratorium yang didampingi, tentunya akan sulit bagi kita untuk mencapai target tersebut.

“Oleh karena itu, sangat diharapkan melalui Rakernis ini akan menghasilkan kesepakatan bersama dalam membangun kembali komitmen dan menemukan strategi yang efisien dan efektif dalam mempercepat proses pencapaian kompetensi dan akreditasi terhadap laboratorium lingkungan di daerah,” kata Sylvana.

Tujuan dari pelaksanaan Rakernis Laboratorium Lingkungan ini adalah untuk menyampaikan hasil evaluasi dan tindaklanjut kegiatan pembinaan laboratorium lingkungan yang telah dilaksanakan dan hasil evaluasi pendampingan Laboratorium pilot project 2017 serta rencana penetapan strategi pembinaan Laboratorium yang akan dibina untuk persiapan akreditasi tahun 2018.

Sedangkan materi-materi RAKERNIS Laboratorium Lingkungan Tahun 2017 diantaranya: Peningkatan Kapasitas Laboratorium Lingkungan Daerah disampaikan oleh Kepala P3KLL; Kebijakan DAK 2018 oleh Kepala Biro Perencanaan KLHK; dan Kelembagaan UPT Laboratorium Daerah oleh Kepala Pusat Kajian Strategis; serta Strategi Pembinaan Laboratorium Lingkungan Daerah oleh Kepala Bidang PLL–P3KLL.***AF

Penulis : Ali Fardian