Dientry oleh Rizda - 22 November, 2017 - 1145 klik
Berbagi Ilmu, Balitek DAS Adakan Pelatihan SIG Tingkat Dasar

Balitek DAS (Solo, 20/11/2017)_Dalam rangka meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Sekitar Solo, Balai Litbang Teknologi Pengelolaan (Balitek) DAS telah melaksanakan Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar selama 5 hari, 13-17 November 2017 di Ruang Rapat Balitek DAS Solo. 

Adapun UPT KLHK yang hadir dalam pelatihan tersebut yaitu Balai Pengelolaan Hutan (BPH) Wilayah IX Surakarta, Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Solo, Taman Nasionan (TN) Merbabu serta Balitek DAS Solo. 

“Kegiatan pelatihan SIG ini merupakan kewajiban bagi kami sebagai institusi yang menghasilkan iptek pengelolaan DAS untuk menyebarkan ilmu maupun teknologi kepada yang membutuhkan,” kata Ir. Salamah Retnowati, M.Si., Kepala Seksi Data Informasi dan Kerjasama saat menyampaikan sambutan pembukaan mewakili Kepala Balitek DAS, Senin (13/11). 

“Kantor kami memiliki laboratorium SIG dan beberapa peneliti yang pakar dalam bidang SIG, seperti Nunung Puji Nugroho, Agus Wuryanta, Wahyu Wisnu Wijaya, serta Arina Miardini. Ilmu yang mereka miliki jangan sampai disimpan untuk dirinya sendiri tetapi mesti dibagikan ke orang lain agar punya nilai manfaat,” tambahnya. 

Salamah menyadari ilmu SIG sangat membantu dalam pengelolaan hutan, terutama dalam perencanaan tata ruang suatu wilayah, memetakan potensi atau titik-titik api kebakaran hutan, inventarisasi sumber daya alam, dan pengelolaan rehabilitasi pasca bencana. 

“Model pelatihan ini adalah santai, tetapi saya harap bisa memberi manfaat bagi kita semua,” kata Salamah. 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan SIG tingkat dasar diberikan dalam bentuk teori dan praktek. Teori yang diberikan yaitu pengantar SIG dan aplikasinya; format dan jenis data spasial; pengenalan sistem koordinat dan proyeksi peta; pengantar penginderaan jauh (PJ) dan aplikasinya; pengantar Global Positioning System (GPS); pengenalan software SIG dan instalasi ArcGIS; pengenalan ArcGIS (ArcMap dan ArcCatalog); pengenalan geodatabase; pengenalan georeferencing dan symbiology; serta pengantar kartografi. 

Sedangkan materi prakteknya adalah pembuatan geodatabase, pengenalan attribute dan symbiology, georeferencing data spasial, geoprocessing, survey dengan menggunakan GPS, transferring data GPS, pengunduhan citra satelit (Landsat dan DEM), pengolahan citra satelit sederhana, digitasi on screen dan editing, serta layouting peta. 

Selama mengikuti pelatihan tersebut, para peserta yang berjumlah kurang lebih 11 orang sangat antusias. Bahkan mereka berharap untuk diadakan pelatihan SIG lanjutan atau tingkat intermediate. 

“Saya harapkan, hasil pelatihan selama lima hari ini dipraktekkan sehari-hari sehingga tidak lupa,” kata Salamah saat menutup acara, Jumat (17/11).***Wahyu Budiarso & SR 

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website: http://dassolo.litbang.menlhk.go.id atau  http://balitekdas.org

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012

Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Tim website