Dientry oleh Rizda - 24 November, 2017 - 1451 klik
Panen Madu di Demplot Kelompok Tani Binaan BP2TSTH Kuok Bekerjasama dengan BRG

BP2TSTH (Sungai Apit, 22/11/2017)_Dalam rangka mengurangi interaksi masyarakat sekitar kawasan hutan terhadap hutan sekaligus menjaga kelestarian ekosistem gambut, BP2TSTH Kuok bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) berupaya menciptakan lapangan kerja baru guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan. Hal ini diwujudkan melalui “Pilot Project Budidaya Lebah Penghasil Madu di Ekosistem Gambut” di desa Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

“Lokasi ini dipilih berdasarkan kesesuaian persyaratan yang telah ditentukan oleh tim pilot project, yaitu di daerah yang termasuk dalam KHG, berkanal dan memiliki cadangan sumber pakan untuk lebah sehingga hasilnya dapat cepat diperoleh,” kata Purnomo, Peneliti Madya BP2TSTH Kuok.

“Tim ini telah bergerak dalam kurun waktu setengah tahun terakhir, mulai dari pembentukan kelompok tani yang khusus bergerak di bidang lebah madu, alih teknologi sebagai bekal pengetahuan dan pemahaman bagi kelompok tani, pembangunan demplot budidaya lebah madu jenis Apis cerana dan Trigona, serta pengkayaan tanaman sebagai bahan makanan untuk lebah, dan hasilnya sudah dapat dipanen sekarang,” kata Mochlis, Kepala BP2TSTH Kuok.

Hadir dalam panen madu hasil budidaya lebah jenis Trigona, Jumat (17/11), Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Sylvana Ratina, yang turut serta memanen madu secara langsung di Demplot Kelompok Tani Hutan Sialang Rawa.

Beliau berharap, dengan semakin meningkatnya permintaan pasar akan produk madu, dapat menjadi penyemangat bagi kelompok tani untuk terus mengembangkan budidaya lebah madu karena saat ini stok yang tersedia masih jauh dibawah kebutuhan pasar.

“Semoga, dengan adanya kegiatan ini, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera tanpa harus merusak hutan dan ekosistem gambut, dan tentunya dapat menjadi contoh untuk kelompok-kelompok lainnya,” kata Sylvana.***ASY

Penulis : Andika Silva