Dientry oleh Rizda - 27 November, 2017 - 1330 klik
Pembinaan Pegawai, Inspektur IV Ingatkan 3 Komponen Penting SDM

BP2LHK Manado (Manado, 24/11/2017)_Inspektur Wilayah IV Kementerian LHK, Ir. Wisnu Prastowo, MF pada pembinaan pegawai lingkup UPT KLHK Sulawesi Utara di kantor BKSDA Sulawesi Utara, Kamis (23/11), mengingatkan tentang pentingnya 3 (tiga) komponen penting untuk SDM, yaitu integritas, kompetensi dan placement.

”SDM dalam organisasi sekarang harus punya 3 komponen penting yaitu integritas, kompetensi, placement yang berarti the right man on the right place  atau orang yang tepat untuk posisi yang tepat,” kata Wisnu yang juga mantan Sekretaris Badan Litbang Kehutanan ini.

Didampingi para Kepala UPT Kemenlhk Sulawesi Utara, Wisnu menyampaikan bahwa SDM bisa menjadi pedang bermata dua, bisa bernilai positif dan negatif untuk organisasi. SDM yang tepat bisa berdampak positif untuk organisasi.

"SDM yang tepat dapat beradaptasi dengan fluktuasi lingkungan sekitar karena konsep SPIP terintegrasi dengan komponen operasional organisasi, dan sebaliknya jika SDM tidak tepat menjadi titik kritis atau risiko dalam organisasi, oleh karena itu pimpinan wajib menciptakan dan memelihara lingkungan pegawai yang menimbulkan perilaku positif dan kondusif,” kata Wisnu.

Pada rangkaian kegiatan kunjungan kerja dan pembinaan kepada pegawai lingkup UPT Kemenlhk  Sulawesi Utara pada tanggal 23-24 Nopember 2017, Inspektur IV berkesempatan memantau perkembangan anoa di Anoa Breeding Centre (ABC) Manado yang pada tanggal 8 Nopember kemarin telah melahirkan 1 ekor anak anoa betina secara alami dan sekarang telah berjumlah 9 ekor.

Peneliti BP2LHK Manado, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc yang ikut mendampingi Inspektur IV ketika ditanya tentang faktor kunci keberhasilan ABC menjelaskan bahwa manajemen dan pengamatan adalah kunci utama.

“Manajemen dan pengamatan  rutin perilaku pada saat tanda tanda estrus pada betina dikenali dengan pasti supaya peluang kebuntingan besar serta perilaku induk kopulasi harus tercatat agar peluang stress induk betina kecil dan kelahiran dapat dipantau,” kata Arini.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKSDA Sulawesi Utara, Hendriks Rundengan, S.Hut yang juga ikut mendampingi Inspektur IV mengatakan BKSDA Sulut akan bekerjasama dengan BP2LHK Manado untuk mengembangkan Sanctuary. "Rencana kedepan pembuatan sanctuary di TWA Batu Putih untuk mempersiapkan pelepasliaran Anoa ke habitat Aslinya," tutup Hendriks.***MF

 

Artikel terkait :

Kunjungan Kapuslitbang Hutan ke BP2LHK Manado: “7T” untuk mencapai keberhasilan seorang peneliti

Bertambahnya Populasi Anoa, Membuat Keanekaragaman Hayati di Indonesia Terus Bertambah

Gelar IPTEK Hasil Litbang: Interaksi Langsung antara Peneliti dan Pengguna

Studi Banding Tentang Kehutanan Sulawesi Utara, DPRD Kab. Majalengka Kunjungi BP2LHK Manado

Cinta Konservasi, Kaka Slank Kunjungi Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Peneliti harus bisa menjadi Enterpreneur agar bisa memberikan sumbangsih yang lebih kepada masyarakat

Apresiasi Kepala Badan Litbang dan Inovasi untuk Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado
Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :
publikasi.bpkmdo@yahoo.com
bp2lhkmanado@gmail.com
bpk_mdo@forda-mof.org
Website :
www.manado.litbang.menlhk.go.id
www.balithut-manado.org
E-Jurnal :
http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid