Dientry oleh Rizda - 13 December, 2017 - 1377 klik
Balitek DAS dan UGM akan Bersinergi dalam Kegiatan Penelitian

Balitek DAS (Solo, 08/12/2017)­_Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gajah Mada (UGM) berencana akan bersinergi dengan Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) untuk melaksanakan kegiatan penelitian yang sama. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Ir. Murtiningrum, M.Eng., Sekretaris Departeman Teknik Pertanian dan Biosystem, Fakultas Teknologi Pertanian saat mendampingi rombongan mahasiswa/i S2 Fakultas Teknologi Pertanian UGM ke Balitek DAS Solo, Selasa (05/12). 

“Penelitian konservasi di Balitek DAS cukup advance atau maju. Memang dimulai dari sini. Kerjasama penelitian telah dilakukan sejak lama atau masa Bu Asih. Kerja praktek juga sering dilakukan. Mari kita mulai lagi,” kata Murti. 

Saat ini, Murti merasa bahwa hubungan antara Fakultas Teknologi Pertanian, UGM dengan Balitek DAS mulai agak renggang. Oleh karena itu, Beliau berharap dengan kunjungan rombongan mahasiswa/i S2 ini bisa lebih mempererat hubungan dan bisa bersinergi untuk melakukan kegiatan penelitian bersama. 

“Harus digalakkan lagi penelitian yang sama. Kami kumpulkan dulu yang fokus-fokus. Sekarang belum formal, kalau ada topik yang sesuai bisa PDKT (pendekatan) lagi,” tegas Murti. 

Lebih lanjut, Murti menyatakan bahwa kunjungan kali ini merupakan tahap awal yang berusaha untuk mendapatkan informasi penelitian yang sudah publish dan terkini sehingga menambah wawasan bagi mahasiswa/i yang ada. 

Menanggapi hal tersebut, Kapala Balitek DAS, Dr. Nur Sumedi menyambut hangat dan siap untuk selalu bersinergi dengan UGM. Pada kesempatan tersebut, Nur juga mempresentasikan profil serta hasil penelitian yang sudah selesai dan publish. Dengan Pemamaparan tersebut, Nur berharap UGM bisa menemukan celah atau topik yang bisa diisi untuk saling bersinergi. 

Untuk mengenalkan sedikit hasil dan kegiatan penelitian terkini di Balitek DAS, pada kesempatan tersebut dipaparkan sedikit tentang dasar pengelolaan hidrologi DAS oleh Dr. Agung Budi Supangat, S. Hut., MT., serta konservasi air dan tanah oleh Ir. Beny Harjadi, M.Sc. 

“Informasi ini banyak manfaatnya, terutama aplikasi teknologi sistem informasi geografi (SIG). Di sini sangat advanced. Mudah-mudahan kita bisa bersinergi dan kita tingkatkan untuk S2,” kata Murti setelah mendengarkan paparan dari Balitek DAS. 

Pada akhir acara, Balitek DAS memberikan beberapa publikasi kepada rombongan mahasiswa/i UGM. Selain itu, diinformasikan bahwa publikasi Balitek DAS mulai tahun 1988 sampai dengan 2017 dapat dibuka dan diunduh pada website http://dassolo.litbang.menlhk.go.id.***SR

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012

Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Salamah Retnowati