Dientry oleh Rizda - 15 December, 2017 - 1296 klik
Kuantan Singingi, Tuan Rumah HMPI dan BMN Tahun 2017 Tingkat Provinsi Riau

BP2TSTH Kuok (Taluk Kuantan, 12/12/2017)_Kabupaten Kuantan Singingi dipercaya Pemerintah Provinsi Riau sebagai penyelenggara Aksi Serentak Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2017 di Propinsi Riau. 

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2017 mengambil tema “Kerja bersama, makmurkan rakyat, lestarikan alam” dilaksanakan di Desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi pada Selasa (12/12). 

Acara penanaman 25 ribu pohon yang dihadiri oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bersama Bupati Kuansing, H. Mursini, masyarakat dan beberapa elemen pemerintahan ini dilakukan untuk penghijauan di daerah tersebut. Dipilihnya Kecamatan Kuantan Mudik karena kecamatan tersebut berdekatan dengan kawasan hutan lindung sekaligus untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Gubernur Riau menyebutkan, dalam aksi menanam pohon ini diberikan sebanyak 5.500 batang tanaman buah-buahan kepada masyarakat, yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Selain itu juga diberikan sebanyak 27.634 batang tanaman buah-buahan untuk elemen masyarakat seperti multi purpose tree species (MPTS). 

“Saya berharap, setelah tanaman diberikan segera ditanam, sehingga lahan terbuka di daerah menjadi berkurang dan bumi semakin hijau,” kata Arsyadjuliandi. 

Dalam sambutannya, Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Propinsi Riau yang memilih Kabupaten Kuantan Singingi sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan aksi menanam pohon Provinsi Riau ini.

“Bersama propinsi, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi berkomitmen dalam program ini supaya alam tetap terjaga,” kata Mursini.

“Gerakan penanaman ini dilaksanakan setiap tahunnya merupakan bagian dari gerakan satu juta pohon yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat, atas dasar kepedulian pemerintah terhadap lingkungan, semoga dengan semangat yang telah dibangun ini masyarakat bisa memelihara dan menjaga tanaman ini bahkan secara inisiatif melakukan penanaman dengan sendirinya di kemudian hari," kata Mochlis, Kepala BP2TSTH Kuok di tempat terpisah.***ASY & AY

Penulis : Andika Sylva