Dientry oleh Author - 19 December, 2017 - 1846 klik
KESTURI Adakan Pendidikan Alam Terbuka di BP2LHK Manokwari

BP2LHK Manokwari (Manokwari, 15/12/2017)_Pasca ujian semester, Kelompok Studi Remaja Islam (KESTURI) menyelenggarakan kegiatan Games Outbound, Training Remaja Islam Kreatif (GO TRIK) bagi siswa/i SMP - SMA sederajat di Kabupaten Manokwari. Kegiatan dalam rangka mengisi waktu para pelajar agar bernilai positif ini dilaksanakan di areal Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manokwari.

Tujuan kegiatan outbound selama dua hari, 9 - 10 Desember 2017 ini adalah menanamkan akhlak mulia, menumbuhkembangkan sikap disiplin dan kerja sama, serta memberikan suntikan motivasi bagi pelajar SMP dan SMA sederajat di Manokwari.

Sebagai salah satu wadah pelajar Manokwari yang intens terhadap masalah pengembangan kompetensi, emosional dan spiritual pelajar, KESTURI merasa perlu memfasilitasi tentang persiapan yang perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan dunia ke depan sekaligus merajut cita-cita yang lebih baik.

Kegiatan outbound ini merupakan rangkaian even tahunan yang melibatkan pelajar SMP dan SMA se-derajat. Sekitar 50 orang siswa/i yang hadir dalam acara ini berasal dari 7 sekolah di Manokwari, yaitu SMAN 1 Manokwari, SMAN 2 Manokwari, SMKN 3 Manokwari, SMPN 1 Manokwari, SMAN 1 Prafi, MAN 1 Prafi  dan SMPN 7 Prafi.

Pemilihan lokasi outbound di BP2LHK Manokwari ini dengan pertimbangan areal yang luas dan banyak pepohonan sehingga memungkinkan peserta untuk melalukan berbagai aktifitas sekaligus mengenal berbagai koleksi tumbuhan dan satwa di BP2LHK Manokwari.

Ketua Yayasan KESTURI, Imam Setyo Hartanto, menyampaikan bahwa Go Trik adalah kegiatan untuk  mengembangkan  kreativitas  dan  karakter  remaja  dan  pemuda  di Manokwari. 

“Kita  bersyukur  bahwa  Papua  Barat  memiliki  generasi  muslim  seperti  adik-adik.  Yaitu generasi  terpilih  yang  berkeinginan  untuk  belajar  mencari  ilmu  dan  pengalaman. Insha  Allah  melalui even ini adik-adik akan mendapatkan banyak wawasan, mengasah skill dan kerjasama serta menjalin persahabatan baru yang harapannya kita semua akan menjadi sosok pribadi yang lebih baik di masa datang,” kata Imam.

Pada hari kedua, dilakukan uji kemampuan kerjasama kelompok dan berpikir kreatif para peserta melalui akitivitas outbond, yaitu dengan berkompetisi pada tujuh jenis permainan luar ruangan dan mencari harta karun. 

Sebelum outbound dimulai, peserta diajak melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan senam bersama. Selanjutnya diadakan sarapan pagi untuk mengisi kebutuhan jasmani para peserta sebelum melakukan aktivitas. Secara umum, outbound kali ini terbagi ke dalam tujuh (7) pos dimana masing-masing pos memiliki games dan tantangan yang berbeda-beda. 

Salah satu peserta dari SMAN 1 Manokwari, Naser, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan. Ia bahkan mendapatkan teman-teman baru dari Prafi yang ternyata asyik dan gaul. Hal senada diungkapkan Wanda dari SMAN 1 Prafi. Ia belajar hal-hal baru yang belum pernah ditemui sebelumnya. Ia juga berharap agar tahun depan dapat kembali mengikuti Go Trik. 

Even Go Trik akhirnya ditutup pada Minggu (10/12) sore. Para peserta dari beberapa sekolah  berbeda  ini  seperti  berat  hati  berpisah  dengan  teman-teman  yang  baru  dikenalnya. Meski terbilang  singkat, namun aktivitas selama kurang lebih dua hari ini meninggalkan kesan mendalam. 

Pada kesempatan terpisah, Ketua KESTURI mengucapkan terima kasih atas bantuan dan sarana yang telah diberikan oleh BP2LHK Manokwari selama kegiatan dan berharap agar kerjasama ini tetap terjalin baik.***DA

Penulis : DA