Dientry oleh Rizda Hutagalung - 25 January, 2018 - 1254 klik
Hadapi Fenomena Perubahan Iklim, Kalimantan Timur Siapkan Masterplan Perda Perubahan Iklim

P3SEKPI (Jakarta, 18/01/2018)_Dalam menghadapi fenomena perubahan iklim, Kalimantan Timur sudah menyiapkan beberapa hal. Salah satu yang disiapkan adalah masterplan atau rancangan Perda Perubahan Iklim. Demikian pernyataan Kepala Seksi Program Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Fadli dalam salah satu agenda diskusi di Festival Iklim 2018 di Gedung Manggala Jakarta.

Fadli menjelaskan, masterplan tersebut nantinya akan menjadi blueprint untuk pemimpin Kaltim berikutnya. Ia juga menambahkan, apabila sudah disahkan, akan sulit untuk diubah. Ini merupakan upaya mengamankan kebijakan pengurangan efek gas rumah kaca tingkat provinsi. “siapapun pemimpinnya, insyaAllah target akan tercapai,” kata Fadli.

“Saat ini, dokumen peraturan tersebut masih dalam tahap proses di DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Sudah masuk pembahasan akhir dan sudah tidak ada pertentangan. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai,” tambah Fadli.

Dukungan pembatasan gas rumah kaca untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim sejalan dengan harapan Provinsi Kalimantan Timur untuk pembangunan yang berkeadilan dan ramah lingkungan.

Harapannya “virus” yang diusung oleh Kaltim dapat menular ke daerah lain sehingga “perlawanan” kita terhadap dampak negatif perubahan iklim menjadi kian kokoh.***

Penulis : Tim website