Dientry oleh Rizda Hutagalung - 26 January, 2018 - 751 klik
Hadiri Anugerah Inspirasi Green Radio, Kepala BLI: Pemerintah Apresiasi Penggiat Perlindungan Lingkungan

BP2TSTH (Pekanbaru, 25/01/2018)_Mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Agus Justianto hadir memberikan sambutan pada acara Anugerah Inspirasi Green Radio di Anjungan Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Sabtu (13/01). Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa pemerintah mengapresiasi penggiat perlindungan lingkungan.

“Pemerintah sangat menghargai berbagai upaya dari seluruh pihak untuk perlindungan lingkungan seperti inisiatif-inisiatif dari masyarakat, tokoh lingkungan, tokoh pemuda, lembaga, dan lain sebagainya,” kata Agus.

Agus menyampaikan bahwa saat ini dunia dihadapkan pada berbagai tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam. “Menata hubungan alam dan manusia, bukan hanya sekedar pengelolaan sumberdaya alam untuk tujuan keuntungan manusia, bahkan hanya untuk segelintir manusia, tetapi juga memerlukan perlindungan dari kita semua,” kata Agus.

Alam memiliki banyak fungsi bagi manusia seperti fungsi regulasi, fungsi pembawa carrier dari alam, fungsi produksi alam, serta fungsi informasi. Ke empat fungsi alam tersebut secara utuh mempengaruhi kehidupan manusia, hal ini selaras dengan usulan tema badan lingkungan hidup dunia dalam peringatan hari lingkungan hidup tahun 2017, yaitu Connecting People to Nature.

“Tema hari lingkungan hidup dunia tahun 2017 menginspirasi kita untuk menghargai pentingnya keselarasan manusia dengan alasan demi kelangsungan hidup penghuni bumi, memperlakukan alam secara proporsional, tidak hanya mengeruk keuntungan saja,” tambah Agus.

Lebih lanjut disampaikan bahwa UUD 1945 pasal 33 menegaskan bahwa pengelolaan sumberdaya alam harus proporsional dan mengacu pada keberlanjutan dan wawasan lingkungan. Hal ini selaras dengan pasal 28 huruf H UUD 1945 bahwa masyarakat harus mendapatkan haknya untuk memperoleh lingkungan yang baik serta keadilan bagi generasi yang akan datang dimana kekayaan alam ini akan diwariskan dari generasi ke generasi.

Anugerah Inspirasi Green Radio, yaitu pemberian penghargaan kepada insan muda, figur, desa dan sekolah yang telah berkontribusi nyata dalam melakukan aktifitas perlindungan terhadap lingkungan hidup. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan sempena Hari Ulang Tahun Green Radio yang ke-4 dengan bertemakan 4ever Green. Green Radio merupakan radio yang berbicara tentang kehidupan, mendorong pertumbuhan ekonomi hijau dan mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan.***ASY & AY

Penulis : Andika Sylva