Dientry oleh Rizda Hutagalung - 05 February, 2018 - 1034 klik
Arboretum BP2LHK Manado: Potret Keanekaragaman Hayati Berbasis Teknologi Informasi

BP2LHK Manado (Manado, 02/02/2018)_Untuk meningkatkan pemanfaatan potensinya secara optimal, Arboretum BP2LHK Manado telah menerapkan Sistem Informasi Tanaman berbasis web. Sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah pengguna, baik pengelola, peneliti, maupun masyarakat luas dalam memperoleh data dan informasi mengenai detail tanaman yang ada di dalamnya. Dengan demikian, Arboretum BP2LHK Manado menjadi potret keanekaragaman hayati berbasis teknologi informasi.

Menurut Alex Novandra, S.Hut, M.S.E, Kepala Seksi Sarana Penelitian BP2LHK Manado, Arboretum BP2LHK Manado merupakan sarana yang tepat untuk melakukan pengkajian jenis pohon. “Di Arboretum BP2LHK Manado menyimpan berbagai koleksi endemik tumbuhan langka dan terancam punah sehingga merupakan sarana yang tepat untuk melakukan pengkajian jenis pohon,” ujar Alex.

Untuk itu, pada masing-masing tanaman di Arboretum BP2LHK Manado telah terpasang QR Code sebagai penanda dari tanaman. Dalam penerapannya user/pengguna tinggal melakukan scan QR code yang ada pada masing-masing pohon dengan Smartphone berbasis android atau iOS untuk mengetahui informasi tentang detail pohon seperti jenis pohon, progres pertumbuhan pohon (diameter, tinggi), tanggal penanaman, foto saat penanaman dan foto perkembangan terkini pohon.

Sistem Informasi Tanaman di Arboretum bisa diakses melalui link http://balithut-manado.org/arboretum_view/index.php.

Mengingat pesatnya pembangunan dan meningkatnya jumlah penduduknya yang disertai kecepatan pengurasan sumber daya alam, maka diperlukan lahan yang berisi hamparan pepohonan yang dapat meresap polutan di kota Manado. Guna menghindari kepunahan berbagai jenis dan spesies pohon-pohon tertentu dan tetap memelihara kestabilan iklim serta meminimalisir bencana akibat perubahan cuaca, maka beberapa usaha telah dilakukan. Salah satunya dengan pembangunan Arboretum yang telah dilakukan BP2LHK Manado, yang diinisiasi sejak tahun 2010.

Arboretum merupakan kebun koleksi pohon dengan luasan tertentu berisi jenis pohon yang ditanam sedapat mungkin mengikuti habitat aslinya dan dimaksudkan sebagai areal pelestarian keanekaragaman hayati dan sedikitnya dapat menjaga kondisi iklim sekitar. Selain itu kerberadaan Arboretum dapat berperan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan pengembangan.***Agus Purwanto

 

Artikel terkait :

Staf Khusus Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Kemen PAN-RB Kunjungi BP2LHK Manado

Kompasiana: Ingat Manado, Ingat Anoa Breeding Centre

Kunjungan Kapuslitbang Hutan ke BP2LHK Manado: “7T” untuk mencapai keberhasilan seorang peneliti

Bertambahnya Populasi Anoa, Membuat Keanekaragaman Hayati di Indonesia Terus Bertambah

Cinta Konservasi, Kaka Slank Kunjungi Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid