Dientry oleh Rizda Hutagalung - 15 February, 2018 - 1012 klik
Mahasiswa UMSB Lakukan Praktek Umum di BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Februari 2018)_Dalam rangka menggali ilmu dan keterampilan disektor kehutanan, 5 orang mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) melakukan Praktek Umum (PU) di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli.

Dalam praktek umum ini, para mahasiswa UMSB tersebut melakukan berbagai kegiatan bersama dengan Kelompok Peneliti (Kelti) Perhutanan Sosial, Kelti Pelestarian Sumber Daya Alam (PSDA), dan Kelti Silvikultur. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 27 Januari s/d 11 Februari 2018 yang didampingi oleh beberapa peneliti diantaranya Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc, Dr. Aswandi, Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut, M.Si, dan Dr. Ahmad Dany Sunandar. Teknisi yang juga turut mendampingi kegiatan ini, diantaranya adalah Aam Hasanudin, S.Hut dan Selamat L.Tobing.

Di Kelti Perhutanan Sosial, para mahasiswa diberikan materi mengenai lebah madu (Avis cerana) dan lebah kelulut (Trigona, sp.), pengenalan gelodokan dan kotak lebah, praktek cara memanen madu lebah kelulut, dan pengenalan produk-produk yang dihasilkan.

Di Kelti PSDA, mahasiswa tersebut diberikan materi tentang konservasi dan wisata ilmiah Gajah (Elephas maximus), melakukan pengamatan mengenai tingkah laku gajah, dan observasi mengenai kesan dan pesan pengunjung ANECC (Aek Nauli Elephant Conservation Camp).

Sedangkan di Kelti Silvikultur diberikan materi mengenai pengenalan tanaman, teknik perbanyakan, serta pemanenan Macadamia (Macadamia integrifolia), berbagai jenis Kemenyan (Styrax sp.) dan Taxus (Taxus sumatrana).

Setelah selesai melaksanakan kegiatan praktek umum selama kurang lebih dua minggu, mahasiswa UMSB berpamitan kepada Kepala Balai, Pratiara, S.Hut, M.Si, Jumat (9/2/2018). Pratiara berharap semoga ilmu yang didapat selama melaksanakan praktek umum di BP2LHK Aek Nauli dapat menambah pengalaman dan juga menambah wawasan.

”Semoga pelajaran yang didapat  bisa bermanfaat dan mungkin nantinya bisa juga dijadikan sebagai bahan penelitian untuk penyelesaian studinya,” kata Pratiara.

"Banyak pengalaman yang kami dapatkan selama PU di sini. Selain itu Peneliti dan Teknisinya juga sangat ramah dan sabar dalam menjawab semua pertanyaan kami," kata Rina, salah seorang mahasiswa UMSB.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung kami selama melaksanakan kegiatan PU di BP2LHK Aek Nauli ini,” kata Gilang, yang juga mahasiswa UMSB. Mengakhiri pertemuan, kelima mahasiswa tersebut berjabat tangan dan berfoto bersama dengan kepala balai.***NNN

Penulis : NNN