Dientry oleh Rizda Hutagalung - 02 March, 2018 - 961 klik
Menteri Siti : Perempuan Indonesia Harus Tetap Optimis untuk Lebih Maju

Nomor : SP. 109/HUMAS/PP/HMS.3/03/2018
 
Pangkal Pinang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 1 Maret 2018. Sebagai seorang penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Menteri LHK Siti Nurbaya merupakan salah satu tokoh perempuan yang menginspirasi para perempuan Indonesia, atas komitmennya melaksanakan tiga dimensi operasional pembangunan, yakni pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak, serta pemenuhan hak-hak anak.
 
Dalam talkshow bertema 'Perempuan Inspiratif' yang digelar Kementerian PPPA di Pangkal Pinang (01/03/2018), Siti Nurbaya menceritakan kisah hidupnya sebagai motivasi kepada para peserta yang mayoritas terdiri dari perempuan ini. Dikisahkan Siti Nurbaya, pengalamannya dalam bekerja semenjak menjadi Sekretaris Jenderal hingga Menteri saat ini, telah memberikan banyak pembelajaran, sehingga menjadikannya lebih matang dalam mengambil suatu keputusan.
 
"Di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, kami para Menteri juga harus ikut kerja bersama dengan pegawainya, tidak hanya sebagai pengambil keputusan", tuturnya.
 
Menurut Siti Nurbaya, saat ini lebih banyak kesempatan bagi kaum perempuan untuk maju dan berkembang, sehingga ia mengajak semua perempuan untuk tetap optimis dalam menjalani perannya dan memiliki cita-cita yang tinggi. 
 
Menjalani kodratnya sebagai seorang istri dan ibu yang memiliki berbagai kesibukan, Siti Nurbaya mengakui, dirinya memiliki komitmen yang kuat dengan pasangan sejak awal menikah, sehingga keluarganya sangat mengerti dengan posisinya saat ini. "Saling menghormati dan kejujuran lah yang menolong kita selamat dalam perjalanan hidup, sedapat mungkin harus tidak punya rahasia (dalam kehidupan).
Jangan sampai bersama-sama tapi tidak saling menghormati, dan hadirnya anak-anak merupakan kewajiban bersama dalam pengasuhan dan pendidikannya", nasehat Siti Nurbaya.
 
Kecintaan Siti Nurbaya terhadap anak-anak, juga terlihat saat dirinya mengikuti senam pinguin yang dipandu oleh Forum Anak Bangka Belitung, sebelum acara talkshow dimulai. Bersama seluruh peserta, Siti Nurbaya tampak semangat mengikuti seluruh gerakan senam tersebut.
 
Siti Nurbaya juga menceritakan bahwa hobinya dalam memasak dan menjahit terpaksa terhenti akibat kesibukan yang dijalaninya. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi kualitasnya untuk tetap bercengkerama dengan keluarga di waktu luang.
 
Menanggapi fenomena perkembangan teknologi saat ini, hingga maraknya penggunaan gadget dalam keluarga, Siti Nurbaya menghimbau agar setiap orang tua tetap harus waspada dan terus mengawasi segala aktivitas anak-anak dalam penggunaan gadget. "Pengalaman saya dulu, anak merasa protes karena tidak memiliki cukup waktu degan ibunya, dulu anak-anak yang mencari kita, sekarang tidak, malah bisa-bisa orang tua yang kekurangan waktu dengan anaknya, jika anaknya dibiarkan terbiasa dengan gadget", ujar Siti Nurbaya.
 
"Untuk keluarga muda yang sekarang justru harus lebih menjaga anak-anak, karena saat ini kita harus mengikuti aktivitas anak-anak. Anak-anak perlu kita jaga, khususnya karena ketergantungan terhadap gadget", pesannya.
 
Tidak ketinggalan Siti Nurbaya juga mendukung agar para ibu dapat terus meningkatkan pengetahuannya, dengan banyak belajar, untuk mengejar perkembangan zaman saat ini, serta menjaga pentingnya nilai moral dan etika dalam keluarga.
 
"Nilai-nilai di dalam rumah tangga, tetap harus terpelihara, harus banyak dimiliki. Kita harus mendorong ibu-ibu untuk berbagi pengetahuan. Setiap permasalahan perkembangan anak harus diiringi dengan nilai moral dan agama. Ada pelajaran-pelajaran moral dan etika yang harus diajarkan orang tua ke anaknya", pungkas Siti Nurbaya.
 
Turut hadir dalam talkshow, tokoh perempuan lainnya yaitu Ledia Hanifa Amaliah, anggota Komisi X DPR RI. Dalam kesempatan ini, kedua tokoh menerima cenderamata berupa buku dan kain khas Kepulauan Bangka Belitung, yang disampaikan oleh Menteri PPPA,Yohana Susana Yembesi. Sebagai penutup sebelum talkshow berakhir, Siti Nurbaya menyampaikan pantunnya, 
"Pohon mahoni tumbuh meninggi, tidak berbenalu tidak bergetah. Para pendengar semua selamat pagi, tetap sehat dan semoga berkah"
 
Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,
Djati Witjaksono Hadi - 081375633330
 
 
Penulis : PPID