Dientry oleh Rizda Hutagalung - 05 March, 2018 - 638 klik
Voluntering Day dengan Aksi Peduli Lingkungan dan Konservasi di BP2LHK Manado

BP2LHK Manado (Manado, Maret 2018)_Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado kembali dipercaya oleh publik untuk meningkatkan pemahaman mengenai kepedulian terhadap lingkungan dan konservasi. Kali ini BP2HK Manado menerima kunjungan segenap jajaran Direksi/Manajemen dan karyawan PT. Multi Bintang Indonesia Tbk yang bertajuk “Voluntering Day Save Anoa sekaligus dalam rangka World wildlife Day” dengan Aksi Peduli Lingkungan dan Konservasi di BP2LHK Manado, Rabu (28/02/2018). 

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Presiden Direktur Mr. Michael Chin diterima oleh Kepala BP2LHK Manado. Diwakili oleh Corporate Affairs Director, Bambang Britono dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Voluntering Day ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai pelestarian alam dan lingkungan salah satunya tentang pelestarian hewan langka Anoa. 

"Mudah-mudahan kunjungan ini bisa membuat kita semua mengenal dan lebih peduli Anoa sebagai satwa langka dan dilindungi," kata Bambang di aula kantor BP2LHK Manado

Bambang juga menambahkan bahwa pelestarian Anoa sangat baik dan juga bisa menguntungkan dari segi pariwisata karena mampu memikat minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini. "Konservasi alam pasti dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung," tambah Bambang. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si menyambut baik kegiatan kegiatan bertajuk Voluntering Day ini karena sejalan dengan program yang sedang digalakkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saat ini. 

“Kegiatan aksi peduli lingkungan dan konservasi ini sesuai dengan program KLHK, karena sesuai dengan surat edaran Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) bahwa semua satker melakukan kerja bersama untuk peningkatan penanganan sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 dengan serangkaian kegiatan yang salah satu diantaranya bersih-bersih lingkungan sekitar,” kata Dodi.

Rangkaian Voluntering Day yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari Direksi dan karyawan perusahaan tersebut serta media ini diawali dengan presentasi tentang kegiatan konservasi di BP2LHK Manado dan ABC BP2LHK Manado. Dilanjutkan dengan penanaman simbolis bibit Ficus Sp yang merupakan sumber pakan alami Anoa oleh Presiden Direktur, Michael Chin.

Sementara itu kegiatan Aksi Peduli Lingkungan dan Konservasi dimulai dengan bersih-bersih kandang anoa dan pemasangan papan nama Anoa, praktek stek tanaman pakan anoa dan teknik persemaian, praktek pembuatan kompos dari limbah organik/kotoran anoa serta penanaman pohon bambu di sekitar kandang Anoa untuk serapan air dan vegetasi habitat.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi cikal bakal pengembangan rencana BP2LHK Manado untuk membangun konsep Wisata Ilmiah BP2LHK Manado yang terbuka bagi pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri,” lanjut Dodi

Di BP2LHK Manado terdapat berbagai potensi wisata ilmiah diantaranya adalah Anoa Breeding Centre (ABC), 4 blok Arboretum, Kebun Koleksi Eboni/kayu hitam, persemaian permanen, serta beberapa spot artistik untuk berfoto dengan bertajuk alam.***MF

 

Artikel terkait :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid