Dientry oleh Author - 09 June, 2009 - 2718 klik
Rencana Geltek BPTP Bogor

Rencana Geltek BPTP Bogor
 
Gelar Teknologi ini akan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2009 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dengan mengangkat Tema : "Teknologi Perbenihan Untuk Meningkatkan Mutu Benih dan Bibit Tanaman Hutan Dalam Rangka Mendukung Gerakan Majalengka Hijau Melalui Reboisasi dan Penghijauan" dengan anggaran yang bersumber dari DIPA Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tahun Anggaran 2009.
Gelar teknologi ini dimaksudkan sebagai sarana penyebarluasan informasi hasil penelitian dan sarana komunikasi antar para praktisi, pelaku dan masyarakat kehutanan. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah :
1.     Untuk mensosialisasikan hasil litbang dan IPTEK perbenihan tanaman hutan kepada para petani dan penyuluh kehutanan agar dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan kegiatan perbenihan di lapangan.
2.     Sebagai ajang tukar menukar informasi dan pengalaman antar sesame kelompok tani, penyuluh dan peneliti guna membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam perbenihan tanaman hutan.
3.     Untuk mendekatkan hubungan dan meningkatkan kerjasama antara BPTP Bogor dengan penggunanya 
di daerah serta untuk mengidentifikasi kebutuhan hasil penelitian perbenihan tanaman hutan dalam rencana pembangunan setempat, agar rencana penelitian dapat lebih tepat dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang sedang dan kemungkinan akan dihadapi dalam perbenihan kehutanan.
Materi gelar teknologi yang diberikan difokuskan pada teknik penanganan benih dan pembibitan beberapa jenis tanaman hutan yang potensial dikembangkan di wilayah Kabupaten Majalengka dalam rangka mendukung kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dalam bentuk pelatihan singkat, simulasi lapangan dan diskusi. Adapun peserta pada kegiatan ini ditujukan pada para penyuluh lingkup Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten, kelompok tani/pengada/pengedar benih dan bibit tanaman hutan lingkup Kabupaten.