Dientry oleh Rizda Hutagalung - 22 March, 2018 - 806 klik
Optimalkan Kerjasama, BLI Adakan Pelatihan Penyusunan Proposal Bersama ITTO

Balitek DAS (Solo, 20/03/2018)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) telah menjalin kerjasama dengan berbagai mitra, salah satunya International Tropical Timber Organization (ITTO). Kerjasama diharapkan memberi manfaat dalam mengoptimalkan kegiatan litbang dan implementasinya, kapasitas SDM, dan penguatan jejaring kerja serta dukungan anggaran. Pelatihan penyusunan proposal adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kerjasama tersebut.

“Optimalisasi kerjasama dilakukan terinteregrasi secara menyeluruh di BLI,” kata Drs. Johny Holbert, M.Sc., Kepala Bagian Program dan Kerjasama, saat memberikan sambutan pada Pelatihan Penyusunan Proposal ITTO di Balai Litbang Teknologi Pengelolaan (Balitek) DAS Solo, Rabu (14/03/2018). 

Lebih lanjut, Johny mengungkapkan bahwa kerjasama yang terjalin di BLI, umumnya diarahkan pada tingkat isu global dan nasional tetapi dalam implementasinya sesuai dengan tupoksi satuan kerja (satker) BLI sehingga bisa menghasilkan kebijakan teknis di lapangan. 

“Dalam rangka optimalisasi kerjasama, Sekretariat BLI berperan memfasilitasi kerjasama penyusunan proposal untuk diajukan ke lembaga donor, seperti ITTO, APFNet, Afoco,” kata Johny. 

Menurut Johny, ITTO lebih potensial untuk menjalin kerjasama karena proposal yang diajukan tidak dibatasi. Selain itu, pengajuan proposal ITTO sudah menyediakan manual detail yang mudah diikuti dan juga ada clearing house yang berfungsi mereview proposal sehingga lebih memenuhi syarat. Oleh karena itu, peluangnya lebih besar. 

Dengan alasan tersebut, maka Sekretariat BLI mengadakan pelatihan penyusunan proposal ITTO selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15 Maret) di Kantor Balitek DAS Solo. Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta peneliti perwakilan dari seluruh UPT BLI. Pada hari pertama akan dilaksanakan paparan dari narasumber dan pada hari kedua, narasumber akan mengupas tuntas proposal yang siap disubmit ke Biro KLN, sebelum ke Sekretariat ITTO.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas SDM, terutama peneliti dalam memahami dan menyusun proposal ITTO. Kegiatan ini khusus dilaksanakan sebagai upaya atau filling the gap pendanaan kegiatan litbang di seluruh satker,” kata Johny. 

“Kegiatan ini, targetkan proposal yang siap disubmit ke Biro KLN dan Sekretriat ITTO untuk masuk ke project cycle 2018,” tegas johny yang berharap setiap peserta bisa memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan pelatihan ini. 

Dr. Nur Sumedi, Kepala Balitek DAS menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan pelatihan penyusunan proposal ITTO di Solo. Ini merupakan one step head yang dilakukan oleh BLI sebagai lembaga yang berperan menjadi leading the way dalam pencapaian program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Menurutnya, kegiatan kerjasama sangat berperan dalam mendukung prioritas nasional. Dan kegiatan pelatihan penyusunan proposal ITTO ini merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh BLI untuk meningkatkan kontribusi KLHK dalam pembangunan nasional. 

“BLI, lembaga penyedia Iptek di KLHK. BLI dipandang mempunyai posisi yang strategis dalam pencapaian program KLHK, karena setiap keputusan dan kebijakan KLHK berpedoman pada hasil litbang,” tutup Sumedi.***THS

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Tri Hastuti S.