Dientry oleh Rizda Hutagalung - 02 April, 2018 - 636 klik
Pertemuan Teknis Laboratorium Lingkungan Daerah Se-Sumatera

P3KLL (Jakarta, 28/03/2018)_Untuk mendukung Renstra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2015-2019 terkait peningkatan nilai IKPLHD (Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah), Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera KLHK menggagas Pertemuan Teknis Laboratorium Lingkungan Daerah se-Sumatera di Batam, Selasa (27/03/2018).

Pertemuan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota serta beberapa Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan ini berlangsung sangat dinamis. Beberapa hal yang hangat dibahas adalah terkait dengan penerapan ISO/IEC 17025-2017, akreditasi, laboratorium pendampingan, masalah sumber daya manusia, Dana Alokasi Khusus dan trend Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH).

“Masalah IKLH merupakan komponen yg tidak bisa dipisahkan dari laboratorium. Untuk itu diperlukan kerjasama antar daerah dan komitmen pimpinan daerah,”  tegas Kapus P3E Sumatera, Amral Fery.

Terkait itu, Kapuslitbang KLL, Herman Hermawan berseloroh, bahwa urusan LH bukan merupakan urusan yang "seksi" bagi daerah, sehingga mendapat porsi APBD yang belum memadai untuk mensupport 11 sub urusan Lingkungan Hidup sebagaimana amanah UU 23/2014.***HH

Penulis : HH