Dientry oleh Rizda Hutagalung - 04 April, 2018 - 753 klik
Tak Lama Pasca Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Tim P3KLL Ambil Sampel di 15 Titik

P3KLL (04/04/2018)_Tak lama pasca tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, tim Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) mengambil sampel di 15 titik lokasi, Selasa pagi (03/04).

Tim P3KLL membawa beberapa peralatan pengambilan sampel diantaranya Van Dorn Water Sampler. Sampel air yang diambil dengan paramater TSS, Minyak lemak, Sianida, H2S, Hg, As, Cd, DO (dissolved oxygen/oksigen terlarut). Jika memungkinkan tim akan mengambil sampel sedimen dan ikan.  

Pada kasus tumpahan minyak di perairan teluk Balikpapan, tim P3KLL bergabung dengan tim darat Kalimantan Timur. Tim darat terdiri dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan, Balai Gakkum LHK Wilayah Kalimantan, Dinas Lingkungan HIdup Kota Balikpapan, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam SKW III Kalimantan Timur. 

Tim darat melakukan verifikasi dan menelusuri pesisir pantai dari utara, dekat Bandara Sepinggan sampai ke selatan pelabuhan pertamina Balikpapan.

Hasil verifikasi lapangan hingga kemarin, masih banyak ditemukan tumpahan minyak yang mencemari perairan. Upaya tim gabungan yang dikomandoi Kepala KSOP Balikpapan masih berkonsentrasi mengumpulkan minyak di perairan dengan metode Oil Boom.***

Penulis : Tim website