Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 06 April, 2018 - 676 klik
Hari Ketiga: 11 dari 15 Lokasi Sampling Tumpahan Minyak Berhasil Diambil Tim P3KLL

P3KLL (Balikpapan, 06/04/18)_Pada hari ketiga, Kamis (05/04/2018), tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas Laboratorium dan Lingkungan (P3KLL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil melakukan pengambilan sampel air laut di 11 lokasi dari 15 lokasi pengambilan yang direncanakan, yaitu di sekitar pelabuhan Pertamina Teluk Balikpapan.

Jauhari, Koordinator tim P3KLL yang melakukan pengambilan sampel air laut mengatakan, “Penentuan lokasi sampling didasarkan pada pertemuan hasil verifikasi lapangan dengan tim gabungan KLHK.”

Sementara itu anggota tim P3KLL, Maulana Kusumardhani, menyatakan bahwa berdasarkan pengamatan fisik pada permukaan air laut, penyebaran minyak semakin luas, meskipun sudah ada upaya dari Pertamina untuk mengisolasi dampak tumpahan menggunakan oil boom.

Selain pengamatan secara visual terhadap fisik air laut, tim juga melakukan pengukuran parameter lapangan secara langsung di lokasi meliputi pH, DHL, kecerahan, temperatur dan kekeruhan.

“Data ini berguna sebagai tambahan informasi selain dari hasil analisis parameter logam, sianida, sulfida, oksigen terlarut serta minyak dan lemak yang dilakukan di laboratorium P3KLL Kementerian LHK,” pungkas Jauhari.

Kegiatan tim P3KLL Kementerian LHK akan dilanjut pada tanggal hari ini, 6/4 serta tim akan menuntaskan pengambilan sampel disisa lokasi.***EW

Penulis : WE