Dientry oleh Rizda Hutagalung - 23 April, 2018 - 654 klik
BP2LHK Manado dan Mitra Sambut Hari Bumi dengan Aksi Konservasi Flora dan Fauna

BP2LHK Manado (Manado, 21/04/2018)_Memperingati Hari Bumi tahun 2018 yang jatuh pada 22 April, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado mengadakan Aksi Konservasi Flora dan Fauna bersama PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM), BPDASHL Tondano dan masyarakat, Jumat (20/04/2018) di Anoa Breeding Centre (ABC)

Mewakili Kepala BP2LHK Manado, Kepala Seksi Data Seksi Data dan Informasi BP2LHK Manado Rinto Hidayat, S.Hut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan peringatan Hari Bumi hari ini dilakukan serangkaian dengan kegiatan lain. Kegiatan lainnya yaitu pemindahan anoa bunting, Denok ke kandang isolasi dalam rangka mendukung proses kelahiran normal, peresmian partisipasi peningkatan fasilitas kandang dan penanaman bibit pohon pakan anoa Ficus variegata oleh perwakilan PT. JRBM, penyerahan bantuan kompos ke Persemaian Permanen BPDASHL Tondano serta Penyerahan bibit gratis dari BPDASHL ke masyarakat.

”Berbagai kegiatan konservasi flora dan fauna serta rehabilitasi lahan merupakan kiprah nyata BP2LHK Manado dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan potensi devisa negara dari sektor lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Rinto. 

Rinto menambahkan, kegiatan konservasi flora dan fauna yang dilaksanakan oleh BP2LHK Manado, salah satunya adalah ABC BP2LHK Manado, pada tahun 2018 ini mendapat dukungan dari PT. JRBM. 

"PT JRBM bangga bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan ABC Manado dimana kami bisa memberi bantuan untuk kegiatan pelatihan konsevasi anoa, kendaraan operasional roda dua, medical supply, CCTV, honorarium dokter hewan selama 1 tahun, edukasi/outreach school serta beberapa peningkatan sarana dan prasarana ABC," ungkap Muh. Suhada, GM CSR PT. JRBM. 

Selain melakukan kegiatan pemindahan anoa dan peresmian partisipasi PT. JRBM untuk mendukung kegiatan ABC, pada aksi ini juga dilakukan dukungan pengelolaan persemaian permanen Kima Atas dari kerjasama BP2LHK Manado dengan BPDASHL Tondano berupa penyerahan sumbangan 0,5 ton kompos ke persemaian permanen. Kompos ini merupakan hasil racikan peneliti BP2LHK Manado yang juga Manager ABC, Ady Suryawan bersama tim. Bahan dasarnya adalah serasah dan feses (kotoran) anoa. 

Menurut Ady Suryawan, kompos produksi dari ABC diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan pengelolaan pembibitan di persemaian Kima Atas. ”Dengan produksi kompos yang continue berarti ABC sudah berkontribusi terhadap upaya pembibitan yang berdampak pada ekonomi dan lingkungan di Sulut,” kata Ady. 

Diakhir acara, Rinto Hidayat, S.Hut selaku Plh. Kepala BP2LHK Manado berharap kerjasama dengan PT. JRBM maupun mitra kerjasama BP2LHK Manado lainnya dapat terus berkesinambungan sehingga pengelolaan ABC bisa semakin baik lagi.***RH & MF

 

Artikel terkait    :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : Tim website