Dientry oleh Rizda Hutagalung - 07 May, 2018 - 611 klik
BP2TSTH Kuok Perkenalkan Pentingnya Menjaga Lingkungan Kepada Murid TK Nurul Huda, Siak

BP2TSTH (Kuok, 4/5/2018)_Pendidikan dan kepedulian akan lingkungan perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini. Hal ini lah yang dilakukan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) bersama Taman Kanak-kanak (TK) Nurul Huda di Kabupaten Siak, Riau.

Untuk mempraktekkan langsung materi bertema “lingkungan” yang sudah di ajarkan di kelas, lembaga pendidikan yang berlokasi di Kampung Tasik Seminai, Kecamatan Koto Gasib, Siak ini melakukan kunjungan ke kantor BP2TSTH Kuok, Kamis (3/5). Rombongan yang terdiri dari 42 orang murid TK, 4 orang guru dan 54 orang tua/wali murid disambut langsung oleh Kepala BP2TSTH Kuok, Mochlis, S.Hut.T., M.P.

Dalam sambutannya, Mochlis merasa bangga dengan pihak sekolah yang sudah mempunyai program pengenalan lingkungan kepada anak didiknya. Lebih lanjut, Mochlis berharap ilmu yang diperoleh dari kunjungan ini dapat menjadi bekal untuk lebih mencintai lingkungan dan menjaga kelestarian hutan.

Menanggapi kunjungan dari TK Nurul Huda, tim BP2TSTH Kuok sudah menyiapkan berbagai materi pengenalan lingkungan yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Beberapa materi yang diberikan yaitu persiapan dan pengenalan media tanam; penyapihan tanaman; pengenalan jenis-jenis sampah organik dan anorganik; cara menanam yang benar; dan pengenalan budidaya lebah madu.

Untuk menciptakan kekompakan antara anak dengan orang tua, juga disediakan berbagai permainan. Sepanjang kegiatan berlangsung, anak-anak tampak bersemangat meski mereka harus menempuh perjalanan panjang selama 4 jam dari Siak ke Kuok.

Di akhir kegiatan, Kepala Sekolah TK Nurul Huda, Lismawati mengungkapkan kesannya tentang kunjungan ini. “Alhamdulillah banyak sekali yang dapat dipelajari oleh peserta didik di tempat ini. Terutama karena memang tujuan kami ke sini adalah untuk mencari pengetahuan yang lebih luas lagi, yakni tentang kehutanan dan ingin memperkenalkan secara langsung ilmu tentang lingkungan yang telah diajarkan di sekolah yang bertema tumbuhan dan hewan,” kata Lismawati.***ASY & SW

Penulis : Tim website