Dientry oleh Rizda Hutagalung - 11 May, 2018 - 841 klik
Peneliti Balitek DAS Raih Penghargaan "Penyaji Terbaik" dalam PIT Riset Kebencanaan Kelima

Balitek DAS (Solo, 9/5/2018)_Pranatasari Dyah Susanti, S. P., M. S., peneliti Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) mendapat penghargaan sebagai penyaji terbaik kategori Seminar Nasional dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan ke-5. Penilaian presenter terbaik tersebut dilakukan oleh panitia dan moderator pada masing-masing komisi yang dilaksanakan di Universitas Andalas, Padang Sumatera Barat (Sumbar), 2-4 Mei 2018 lalu. 

Penghargaan ini diraih Santi, panggilan akrab Pranatasari Dyah Susanti setelah mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Identifikasi Tipe Kepakaran pada Lahan Rehabilitasi Bekas Longsor” pada komisi Pembangunan Berkelanjutan. Makalah ini merupakan hasil penelitian kegiatan Teknik Konservasi Tanah dan Air untuk Mitigasi Bencana Tanah Longsor.
 
Pada Seminar Nasional PIT ke-5 Riset Kebencanaan tersebut terdapat 4 komisi, yaitu Manajemen Bencana, Pembangunan Berkelanjutan, Kerangka untuk Keberlanjutan, dan Pembelajaran dalam Manajemen Bencana. Pada setiap komisi terdapat 18-19 judul naskah yang dipresentasikan.
 
Selain Seminar Nasional, PIT ke-5 Riset Kebencanaan 2018 ini juga menyelenggarakan Seminar Internasional. Dalam seminar internasional tersebut, ada satu naskah yang dipresentasikan oleh Peneliti Balitek DAS Solo, Dr. Endang Savitri. Adapun judul naskahnya adalah Flash flood in Arau watershed, west sumatera : A mitigation study.
 
Seminar internasional ini juga terbagi menjadi 4 komisi yaitu Understanding Disaster Management; Strengthening Sustainability Development; Enhancing Framework for Sustainability; dan Improving Lesson Learnt in Disaster Management. Pada masing-masing komisi terdapat 34-36 judul naskah, dan diawali dengan 1-2 orang pembicara kunci.
 
PIT ke-5 Riset Kebencanaan 2018 dibuka oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan dihadiri oleh para menteri dan pejabat negara lainnya, Ketua Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI) dan beberapa tamu undangan dari dalam dan luar negeri. Menteri dan pejabat negara yang hadir, diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gubernur Sumatera Barat dan Rektor Universitas Andalas.
 
Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menerima lifetime achievement  dalam bidang kebencanaan. Penghargaan ini diberikan karena Jusuf Kalla dianggap secara konsisten telah mengurus bencana alam dan bencana sosial sejak tahun 1999 dengan lebih dari 30 kegiatan.
 
PIT ke-5 yang diselenggarakan Universitas Andalas bekerjasama dengan BNPB, IABI dan Pemerintah Provinsi Sumbar ini juga dimeriahkan berbagai kegiatan lainnya. Salah satunya, lomba karya tulis ilmiah tingkat mahasiswa yang diadakan April-Mei 2018 dengan tema salah satunya tentang ikan larangan yang dapat menjaga kelestarian sungai. Selain itu, juga dilakukan Peresmian Taman Edukasi Bencana pada 1 Mei 2018 oleh Kepala BNPB, dan Pameran Kebencanaan 1 – 3 Mei 2018 di Masjid Raya Sumatera Barat, serta wisata berbasis konservasi dan edukasi ke Ngarai Sianok.***ES

 

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : ES