Dientry oleh Rizda Hutagalung - 31 May, 2018 - 1589 klik
Bangun Kebun Benih Klon, BPTH Wilayah I Sumatera Akan Manfaatkan Hasil Penelitian B2P2EHD Samarinda

B2P2EHD (Samarinda, 30/5/2018)_Tim dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Palembang berkunjung ke Balai Besar Litbang Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD), Rabu (23/5/2018). Adapun maksud kunjungan tersebut adalah terkait pemanfaatan hasil penelitian B2P2EHD dalam Kebun Benih Klon yang akan dibangun di Hutan Penelitian (HP) Kemampo Palembang.

Menyambut baik kunjungan tersebut, Ir. Yoyok Sigit Haryotomo, MM, Kabag Umum B2P2EHD, menegaskan bahwa B2P2EHD siap berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan sumber benih dimaksud. 

“Kami sangat bangga bahwa hasil penelitian dari B2P2EHD dapat dimanfaatkan dan berguna bagi pembangunan kehutanan khususnya pembangunan sumber benih,” kata Yoyok menyambut kedatangan tim BPTH Wilayah I Palembang yang dipimpin oleh Ir. Nelsi Adelina, M.Si. 

Terkait itu, Deddy Dwi Nur Cahyono, S.Hut peneliti B2P2EHD memaparkan sejarah dan capaian penelitian pemuliaan jenis Shorea leprosula di B2P2EHD sampai saat ini. Menurutnya, hasil perbanyakan vegetatif dari kebun pangkasan yang dimiliki B2P2EHD dapat digunakan sebagai materi untuk membangun uji klon di wilayah Palembang. “Melalui seleksi dan evaluasi, maka uji klon akan dikonversi menjadi Kebun Benih Klon (KBK),” kata Deddy.***DNC

Penulis : Tim website