Dientry oleh Rizda Hutagalung - 20 August, 2018 - 1069 klik
Ikuti RITECH EXPO 2018, BLI Pamerkan Produk Pangan dan Energi Hasil Litbang Unggulan

BP2LHK Aek Nauli (Pekanbaru, Agustus 2018)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian LHK melalui unit-unit kerjanya turut berpartisipasi memeriahkan RITECT (Research, Innovation, and Technology) EXPO 2018 di Pekanbaru, 9 s/d 12 Agustus 2018. Pada pameran ini, BLI menampilkan berbagai produk litbang unggulan, antara lain teh taxus, teh pirdot, madu, teh murbei, teh gaharu, madu dan beberapa produk turunannya seperti sabun dan cream, parfum kemenyan, serta beberapa bibit tanaman kehutanan unggulan.

Produk litbang unggulan ini sesuai dengan tema pameran dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini. Di pameran yang digelar di Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau ini, BLI juga menampilkan beberapa leaflet, poster, jurnal, majalah ilmiah, dan buku-buku tentang hasil kegiatan litbang yang dilaksanakan.

“Ada beberapa produk litbang yang dihasilkan BLI yang masih diketahui dan diproduksi secara terbatas, sehingga pameran ini merupakan ajang promosi yang paling bagus kepada masyarakat. Selain itu produk yang bagus tentunya akan menarik minat bagi pihak luar untuk berkerjasama, terutama bagi pihak industri dalam hal produksi massal, pengemasan dan juga pemasarannya” jelas Ismed Syahbani, S.Hut, Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama BP2LHK Aek Nauli, salah satu unit kerja BLI yang ikut berpartisipasi.

Ismed menyampaikan bahwa keikutsertaan BLI dalam pameran ini adalah selain untuk mempromosikan kegiatan litbang dan produk-produk yang telah dihasilkan oleh BLI, juga untuk menangkap peluang kerjasama dengan pihak lain.

Adapun unit-unit kerja BLI yang berpartisipasi dalam pameran, Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan Kuok, Puslitbang Hutan, Puslitbang Hasil Hutan, Pulitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim, Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta dan beberapa satker lainnya.

Ang Boon Beng,  warga Thailand yang bekerja di Oil Palm Research Station PT. Asian Agri yang berkunjung ke stand BLI sangat terkesan dan tertarik dengan produk yang ditampilkan.

“Produk-produknya inovatif sekali, ini harus dikemas lagi sebagus dan semenarik mungkin sehingga bisa segera dipasarkan secara luas, nantinya produknya mudah didapatkan dan juga bisa berdampak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Ang Boon.

Pengunjung lain, Endriani, ibu rumah tangga yang datang bersama keluarganya juga sangat tertarik dan antusias melihat-lihat stand BLI. Dia juga sempat membeli beberapa botol madu dan parfum kemenyan.

“Agak susah sekarang mendapatkan madu yang asli, apalagi madu sarang, makanya saya begitu melihat langsung beli. Saya juga baru tahu kalau kemenyan bisa dibuat parfum, saya mau tes dulu wanginya, kalau cocok nanti saya pesan lagi yang banyak,” kata Endriani.

Pameran ini secara resmi dibuka oleh Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak. Dalam sambutannya, Nasir menyampaikan bahwa Hari Kebangkitan Nasional ini diharapkan bisa memberikan dampak positif pada kebangkitan ekonomi pada masa depan dan menjadi hal yang penting pada era Revolusi Industri 4.0.

Mantan Presiden RI ke-3 Prof. Dr. Ing. H. BJ Habibie yang juga hadir dan memberi sambutan, mengajak generasi muda untuk terus mengembangkan teknologi-teknologi yang inovatif untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Pameran yang diikuti oleh 90 peserta dari berbagai institusi ini, seperti lembaga riset, perguruan tinggi, industri, hingga para inovator menampilkan produk-produk inovasi karya anak bangsa. Selain itu juga menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti demo produk IPTEK, seminar IPTEK, demo sains, temu bisnis, dan juga berbagai lomba, seperti lomba foto profesional, foto handphone, video, vlog, dan menggambar, serta mewarnai.

Setelah 4 hari diselenggarakan, pameran RITECH EXPO 2018 secara resmi ditutup Gubernur Riau, Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A. Acara penutupan ini dilakukan pemutaran video pendek RITECH EXPO dan juga penyerahan tropi serta hadiah untuk beberapa kategori dan perlombaan.***MB

Penulis : Tim website