Dientry oleh Rizda Hutagalung - 20 August, 2018 - 952 klik
Balitek KSDA dan Mitra Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dengan Aneka Perlombaan

Balitek KSDA (Samboja, Agustus 2018)_Memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73, Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja bersama mitranya, Jejak Pulang mengadakan berbagai perlombaan. Dilaksanakan Rabu (15/8/2018), kegiatan ini diikuti oleh keluarga besar Balitek KSDA, Jejak Pulang, mahasiswa Universitas Mulawarman yang sedang Praktik Kerja Lapangan (PKL) serta siswa siswi SMK Duta Bangsa, SMK I Samboja dan SMK Panajam Paser Utara.

Menurut ketua panitia, Ulfah Karmilasari, S.Hut, perlombaan ini selain untuk meningkatkan rasa nasionalisme juga untuk mempererat kekeluargaan. “Perlombaan ini untuk mempererat antara pegawai Balitek KSDA, Jejak Pulang, ibu-ibu Dharma Wanita Balitek KSDA Samboja, mahasiswa Universitas Mulawarman yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) serta siswa-siswi SMK Duta Bangsa, SMK I Samboja dan SMK Panajam Paser Utara," kata Ulfah.

"Selain sebagai acara ritual tahunan, kebersamaan ini juga diharapkan dapat terus terwujud dalam aktivitas sehari-hari," kata Pranoto, BSc.F, S.Hut, Kasubag. Tata Usaha Balitek KSDA menambahkan apa yang disampaikan Ulfah.

Berbagai perlombaan yang diadakan antara lain makan kerupuk, bakiak, naga air, balap karung, balap kelereng dan menghias tumpeng untuk tiap seksi yang diwakili kaum bapak. Keseruan dan kebersamaan setiap lomba tidak saja dinikmati oleh masing-masing pesertanya, melainkan juga oleh penonton yang turut memberi semangat. Kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama dan ditutup dengan pesta makan buah lai (Durio kutejensis) hasil panen dari kebun salah satu pegawai Balitek KSDA.

Keesokan harinya, Jumat (17/8/2018) Balitek KSDA melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang juga melibatkan mahasiswa PKL dari Universitas Mulawarman sebagai pengibar bendera.***

Penulis : Tim website