Dientry oleh Rizda Hutagalung - 12 July, 2018 - 524 klik
Rapat Evaluasi, BP2LHK Manado Bahas Pusat Unggulan Iptek, Persiapan Seminar dan Renstra 2014-2019

BP2LHK Manado (Manado, 9/7/2018)_Sebagai bentuk komitmennya menjaga dan meningkatkan kualitas kinerja, BP2LHK Manado rutin melaksanakan Rapat Evaluasi Kinerja Triwulan. Kamis (5/7/2018), BP2LHK Manado melaksanakan Evaluasi Kinerja Triwulan II 2018. Selain membahas target dan capaian kinerja, rapat kali ini juga membahas perkembangan seleksi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kemenristek Dikti dan persiapan seminar Oktober mendatang.

“Rapat evaluasi ini perlu untuk mengevaluasi antara persentase serapan dengan rencana yang telah ditetapkan, kendala yang dihadapi dalam mencapai target dan tindak lanjutnya, perlunya orientasi terhadap pelayanan publik, serta persiapan seminar agar lebih baik dalam penyelenggaraannya,” kata Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si dalam arahannya.

Sebagai informasi, tahun ini BP2LHK Manado mengikuti seleksi PUI dan telah lolos pada tahap I. Dari 47 lembaga yang registrasi secara online hanya 36 lembaga yang lolos desk study dan BP2LHK Manado menjadi salah satu diantaranya bersama 7 satker di lingkup Badan Litbang dan Inovasi KLHK.

Oleh karena itu, melalui rapat evaluasi ini, diharapkan BP2LHK Manado dapat mempersiapkan lebih matang dalam menghadapi verifikasi data lapangan oleh Tim Kemenristek Dikti yang akan dilaksanakan (28/8/2018) mendatang. “Dengan persiapan yang matang diharapkan BP2LHK Manado dapat lolos pada tahap berikutnya,” kata Dodi.

Keikutsertaan dalam seleksi PUI merupakan bagian upaya BP2LHK Manado menjadi lembaga riset yang unggul sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang lebih berkualitas kepada para penggunanya. Dalam seleksi ini BP2LHK Manado mengusulkan untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek Konservasi Flora dan Fauna Endemik Wallacea.

Selanjutnya terkait rencana penyelenggaraan seminar, Kepala Seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK), Rinto Hidayat, S. Hut menyampaikan bahwa rencana tema seminar yang akan datang adalah “Membangun Sinergitas Dalam Pelestarian Sumber Daya Alam”.

Dalam waktu dekat, panitia akan mengumumkan Call for Paper yang kemudian akan diseleksi sebagai naskah yang akan dipaparkan dalam seminar. Penjajakan peluang kerjasama dalam penyelenggaran seminar juga sedang diupayakan oleh Seksi DIK guna mengoptimalkan pelaksanaan seminar sehingga dapat lebih berkualitas dalam penyelenggaraannya.

Mengingat bahwa tahun 2019 adalah akhir periode Renstra 2014-2019, maka melalui rapat evaluasi kinerja ini Kepala Seksi Program dan Evaluasi mengingatkan seluruh penanggung jawab kegiatan agar memperhatikan target capaiannya. Khususnya kegiatan penelitian yang multiyears agar mempersiapkan bahan sintesanya untuk mendukung capaikan Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) lingkup Badan Litbang dan Inovasi.

Selain itu juga perlu untuk mempersiapkan program/kegiatan penelitian dan pengembangan yang akan dilaksanakan pada periode renstra berikutnya. Adapun salah satu upayanya yaitu dengan menjaring masukan dari stakeholders di wilayah kerja BP2LHK Manado yang meliputi tiga provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.***Cahyo Riyadi

Artikel terkait :

Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi, Semangat Menulis tidak Boleh Putus

BP2LHK Manado Raih Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

Jurnal Wasian Terbit Perdana Secara Elektronik Juni 2016

Pelatihan e-journal Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah menuju WASIAN e-journal

Jurnal Wasian, Penjelmaan Baru Media Publikasi BPK Manado

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com 

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id 

www.balithut-manado.org 

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS 

Penulis : Tim website