Dientry oleh Rizda Hutagalung - 16 July, 2018 - 563 klik
Summer School, Mahasiswa Czech University of Life Sciences dan Institut Teknologi Del Kunjungi BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, 13/7/2018)_Institut Teknologi Del (IT Del) bekerjasama dengan Czech University of Life Sciences (CULS), berkunjung ke Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Selasa (11/7/2018). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Summer School. Secara umum Summer School ini berupa kegiatan mengunjungi destinasi wisata di sekitar Danau Toba, serta mempelajari budaya dan industri yang ada di sekitar Danau Toba.

Kegiatan Summer School dilaksanakan selama kurang lebih 3 minggu, yaitu 2-29 Juli 2018 ini diikuti 7 orang mahasiswa dari IT Del dan 20 orang mahasiswa CULS. Summer School ini didampingi oleh Ricardo Situmeang, selaku dosen di IT Del.

Ricardo menjelaska,  jarak litbang Aek Nauli yang tidak terlalu jauh dengan IT Del merupakan salah satu pertimbangan untuk melaksanakan Summer School di BP2LHK Aek Nauli. Dalam kunjungannya, Ricardo berharap BP2LHK Aek Nauli lebih mempromosikan potensi-potensinya.

“Baru mengetahui Aek Nauli memiliki potensi yang begitu lengkap. Sebaiknya lebih banyak melakukan promosi sehingga lebih banyak wisatawan,” kata Ricardo.

Kedatangan mahasiswa IT DEL dan CULS disambut baik oleh Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng selaku Plh. Kepala BP2LHK Aek Nauli. Setelah menyampaikan kata sambutan, Ali memaparkan secara singkat tentang potensi-potensi yang terdapat pada BP2LHK Aek Nauli kepada peserta Summer School.

Setelah pemberian materi di ruangan, kegiatan dilanjutkan dengan memanen madu. Kegiatan dipandu oleh Aam Hasanuddin, Teknisi Litkayasa BP2LHK Aek Nauli selaku tenaga ahli lebah madu didampingi Eko Febriyanto dan Satria Harahap yang merupakan anggota tim edutainment/wisata ilmiah panen madu.

Materi yang diberikan mulai dari pengenalan jenis-jenis lebah, cara beternak lebah hingga cara memanen madu dari sarangnya. Saat akan memanen madu peserta disarankan untuk menggunakan baju pengaman agar tidak terkena sengatan lebah. Kemudian peserta dipersilahkan untuk mencicipi madu asli yang langsung dipanen dari sarang lebah.

Setelah memanen madu, peserta Summer School melanjutkan kegiatannya ke Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC). Kemudian kegiatan ditutup dengan foto bersama.

Elserida Nababan, mahasiswa semester 5 jurusan Manajemen Rekayasa IT DEL mengungkapkan rasa senangnya berada di Aek Nauli. “Saya baru pertama kali berkunjung ke Aek Nauli dan ternyata Aek Nauli punya banyak potensi,” kata Elserida.

Senada dengan itu, Margareth dan Monica, mahasiswa study managemen dan ekonomi CULS menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan pengalaman baru yang mereka dapatkan saat mengunjungi BP2LHK Aek Nauli. Di sini, mereka bisa mendapatkan pengalaman baru dalam hidup mereka, seperti bisa jumpa dengan satwa gajah dan mengetahui sedikit tentang lebah madu.

It was wonderful, we are really enjoy it, the elephants were amazing and we also saw the making or harvesting the honey. We have never seen it, it give us a new experience in our live, thanks for that all,” kata mereka.***NNN

Penulis : Tim website