Dientry oleh Rizda Hutagalung - 17 July, 2018 - 480 klik
Perpustakaan Cendana Menuju Perpustakaan Terakreditasi

BP2LHK Kupang (Kupang, 12/7/2018)_Saat ini Perpustakaan Cendana, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPLHK) Kupang sedang berproses menuju Perpustakaan Terakreditasi. Ini ditandai dengan kunjungan tim akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) ke Perpustakaan Cendana, BPPLHK Kupang, Rabu (11/7/2018).

Kunjungan ini dilakukan untuk memverifikasi faktual dokumen borang permintaan akreditasi perpustakaan Cendana yang telah diajukan pada Mei 2018 lalu. Tim akreditasi PNRI ingin memperoleh gambaran sistem pengelolaan perpustakaan, kondisi koleksi, sarana prasarana, sumberdaya manusia yang tersedia pada perpustakaan Cendana secara obyektif.

Proses verifikasi yang dilakukan melalui metode observasi dan wawancara terhadap pustakawan ini memakan waktu satu hari. Selanjutnya, tim akreditasi akan memproses hasil evaluasi tersebut dan mengumumkan hasilnya setelah diplenokan dengan tim assessor lainnya.

Sebagaimana diketahui, akreditasi perpustakaan penting untuk menjamin kualitas mutu layanan perpustakaan dan bermuara pada kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan tersebut. Sebuah perpustakaan yang terakreditasi telah memenuhi standar minimal koleksi, sarana, prasarana, sumberdaya manusia dan sarana pendukung lainnya. Adapun proses akreditasi diawali dengan pengisian dokumen akreditasi (borang) oleh instansi pemohon.

Adapun tim akreditasi yang melakukan kunjungan tersebut adalah dua orang assessor, yaitu Dra. Endang Sri Sumartini, Pustakawan Madya pada Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Tuyy Hendrawati, S.Sos, M.TI dari Pusat Preservasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.***pinusa

Penulis : Tim website