Dientry oleh Rizda Hutagalung - 24 July, 2018 - 626 klik
Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan Raih Akreditasi Kemenristekdikti

B2P2BPTH (Jakarta, Juli 2018)_Baru-baru ini, Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) yang dikelola Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta meraih akreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 2. Sertifikat diterima di Auditorium Utama LIPI, Selasa (17/7/2018) pada acara Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional.

Dalam pembukaan sosialisasi, Kepala LIPI, Dr. L. Tri Handoko, M.Sc menyambut baik penggabungan akreditasi ini. “Mulai Juni 2018 LIPI tidak lagi melakukan akreditasi jurnal ilmiah nasional bagi lembaga litbang, seluruh akreditasi jurnal ilmiah secara nasional di bawah kewenangan Kemenristekdikti,” kata Tri.

Sebagaimana diketahui, memasuki era integrasi sistem jurnal ilmiah nasional, yang bertujuan untuk meminimalisasi dikotomi antar lembaga akreditasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersinergi dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk memberikan akreditasi kepada seluruh jurnal ilmiah di Indonesia.

Terkait itu, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Dr. Muhammad Dimyati menyatakan semua jurnal ilmiah terakreditasi LIPI dan masih berlaku masa akreditasinya secara otomatis diakui Kemenristekdikti sampai masa habis berlaku akreditasinya.

Dimyati menjelaskan, Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah menjadi dasar hukum bagi pelaksanaan jurnal ilmiah nasional. “Kemenristekdikti menyediakan media bagi lembaga yang ingin mendapatkan akreditasi jurnal melalui Sistem Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Science And Technology Index (SINTA),” kata Dimyati.

Sebagai pertanda bahwa akreditasi jurnal ilmiah nasional sudah menjadi kewenangan Kemeristekdikti, pada acara tersebut dilaksanakan penyerahan sertifikat secara simbolis dari Kepala LIPI kepada Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Ke depan, integrasi antara LIPI dengan Kemenristekdikti diharapkan berjalan dengan baik demi perkembangan dan kemajuan jurnal ilmiah nasional.

Sosialisasi jurnal ilmiah tersebut dihadiri oleh beberapa lembaga litbang universitas dan kementerian diantaranya Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian LHK, Kementerian Pertanian, LIPI, Kementerian Perindustrian, Kemeterian Agama, dan Kementerian ESDM.***NTR

Penulis : Tim website