Dientry oleh Author - 25 January, 2010 - 1870 klik
Peluncuran Demonstration Activies REDD Indonesia

 Acara ini dihadiri para Duta Besar Negara Sahabat, Direktur Eksekutif International Tropical Timber Organization, dan para Gubernur serta para pejabat Departemen Kehutanan. Kegiatan percontohan kerjasama dengan Pemerintah Australia telah dilaksanakan di Kalimantan Tengah dan akan segera diikuti di Provinsi Jambi. Dengan Pemerintah Jerman di Kalimantan Timur dan akan diikuti Kalimantan Barat. Dengan ITTO dilaksanakan di Taman Nasional Meru Betiri di Jawa Timur.  Sedangkan dengan TNC dilaksanakan di Berau, Kalimantan Timur.

Ke-empat kegiatan percontohan yang diluncurkan tersebut, diharapkan dapat memberikan masukan bagi penyiapan mekanisme REDD yang saat ini masih terus berlangsung dengan tidak tuntasnya perundingan di COP-15 di Copenhagen bulan Desember 2009 lalu dan adanya sejumlah kendala metodologis yang masih harus ditangani. Momentum ini diharapkan dapat memacu kegiatan-kegiatan serupa yang sedang dan akan dilaksanakan.

Sektor Kehutanan memegang peranan penting dalam permasalahan perubahan iklim, terutama dalam memberikan solusi yang signifikan, efektif dan efisien yang sangat ditunggu dan diharapkan oleh banyak pihak. Dalam perundingan di Copenghagen, sektor kehutanan termasuk yang paling banyak mencapai perkembangan dan kemajuan. DA-REDD yang  luncurkan ini diharapkan dapat berjalan sesuai rencana serta efektif dalam memberikan masukan penyiapan mekanisme baku REDD.

 

Buku saku "Strategi REDD Indonesia Fase Readiness 2009 -2012 dan Progress Implementasinya"

Pernyataan Peluncuran DA-REDD yang ditandatangani Menhut