Dientry oleh Author - 16 February, 2010 - 2687 klik
FORDA, Go Open Source

Untuk mendukung komitmen Departemen Kehutanan dalam Deklarasi IGOS pada Mei 2008 serta serta mempercepat sasaran dan waktu implementasi penggunaan perangkat lunak legal dan atau berbasis open source pada akhir Desember 2011, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan melalui Sekretariat Badan Litbang Kehutanan telah menyelenggarakan Pelatihan Implementasi Indonesia Go Open Source (IGOS) pada tanggal 11 dan 12 Pebruari 2010 di Ruang Sudiarto, Bogor.

Sosialisasi IGOS kepada seluruh unit kerja litbang sudah dilakukan pada bulan Juli 2009 lalu dan pada pertengahan Januari 2010 di tingkat pimpinan Badan Litbang (Esl 1, 2 dan 3). Sehingga kesepahaman mengenai pentingnya IGOS tersebut tentunya akan mendukung upaya implementasinya.  

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi tersebut, sehingga ditujukan untuk memberikan pengetahuan teknis yang memadai mengenai IGOS, konsep migrasi ke OSS serta proses instalasi, setup dan konfigurasi sistem desktop server serta peripheral (printer, scanner, dll). Sehingga peserta pelatihan adalah tim teknis IGOS di masing-masing unit kerja litbang, yang nantinya akan menjadi ujung tombak pencapaian target implementasi IGOS di Badan Litbang Kehutanan.

 

Bahan presentasi pelatihan:

1.         Sekilas IGOS dan agenda implementasi di Badan Litbang Kehutanan

2.         Indonesia, Go Open Source

3.         Linux vs Windows

4.         Linux dan OSS