Dientry oleh Rizda Hutagalung - 26 September, 2018 - 810 klik
Tindak Lanjuti Rencana Kerja Sama, Djarum Foundation Kunjungi KHDTK Alas Ketu Wonogiri

B2P2BPTH (Wonogiri, September 2018)_Menindaklanjuti rencana kerja sama antara PT. Djarum dengan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta, tim CSR Djarum Foundation melakukan kunjungan ke Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Alas Ketu Wonogiri, Rabu (19/9/2018).

Kunjungan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak di Kantor B2P2BPTH bulan Mei 2018 lalu. Kunjungan ini dilakukan untuk mendapat gambaran riil di lapangan, sehingga penyusunan rencana kerjasama selanjutnya dapat mempertimbangkan segala aspek.

Kepada 5 orang tim Djarum Foundation, Dr. Arif Nirsatmanto peneliti B2P2BPTH memaparkan sejarah awal kegiatan pemuliaan jenis yang ada di B2P2BPTH, proses pemuliaan dan potensi sumber benih yang ada di KHDTK Alas Ketu Wonogiri. “Sumber benih yang ada di KHDTK Alas Ketu Wonogiri ini terkait dengan potensi produksi dan potensi ekonomi dari hasil pemanfaatan benih unggul,” kata Dr. Arif.

Sindaka yang memimpin tim komunikasi CSR Djarum Foundation mengatakan bahwa Djarum dengan programnya saat ini Trees For Life sedang gencar-gencarnya memperbanyak pohon jenis trembesi untuk dibagikan kepada masyarakat. Selain itu Djarum juga melaksanakan penghijauan di sepanjang Pantai Utara Jawa dengan jenis yang sama. Maka nantinya, rencana kerjasama dengan B2P2BPTH akan diarahkan untuk mendukung program penanaman trembesi tersebut.

“Kurang lebih 100.000 bibit diproduksi oleh PT. Djarum Foundation setiap tahunnya. Djarum Trees For Life tidak akan berhenti menjaga komitmen ini, demi terwujudnya negeri nyaman dan lestari serta kualitas hidup yang lebih baik, untuk kita dan anak cucu nanti,” kata Sindaka.

Prinsa, anggota tim Djarum Foundation yang lain menambahkan bahwa mereka berkeinginan membangun bank genetik, yang bertujuan untuk menyimpan materi genetik pohon trembesi yang telah, sedang dan akan ditanam oleh Djarum Foundation. Untuk itu perlu dukungan dari B2P2BPTH demi terwujudnya rencana tersebut.

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut maka rencana program kerjasama yang akan dilakukan antara B2P2BPTH dan Djarum Foundation adalah membangun plot uji variasi trembesi di KHDTK Wonogiri dengan luas lahan ±1 Ha. Trembesi terbaik dari yang telah ditanam oleh Djarum akan dipilih sebagai materi untuk plot variasi tersebut dan nantinya setelah mendapatkan bibit unggul trembesi bisa didaftarkan ke PVT.

“Hasil pertemuan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan proses administrasi penyusunan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak,” kata Retisa Mutiaradevi, S.Kom.,M.Ca, Kepala Bidang Data Informasi dan Kerjasama.***DS

Penulis : Tim website