Dientry oleh Rizda Hutagalung - 27 September, 2018 - 1078 klik
Balitek DAS Siap Dampingi BPDASHL Barito dan Dishut Provinsi Kalsel Bangun Demplot Rehabilitasi DAS di Kalsel untuk RHL

Balitek DAS (Solo, September 2018)_Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo siap membantu dan mendampingi Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Barito, dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan membangun demplot rehabilitasi DAS di Kalsel. Balitek DAS siap membantu dan berbagi pengalaman implementasi hasil litbang di lapangan dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan. 

Hal ini disampaikan Dr. Nur Sumedi, Kepala Balitek DAS menanggapi  permintaan pendampingan oleh BPDASHL Barito dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel saat melakukan kunjungan belajar pengelolaan DAS dan prakondisi kegiatan RHL tahun 2019 di kantor Balitek DAS Solo, Sabtu (22/9/2018). 

“Kami tanggapi positif dan kami siap membantu. Pengalaman kami membantu Perhutani sudah cukup untuk evaluasi lahan di sana. Kita siapkan cara-cara implementasi ke lapangan,” kata Sumedi. 

Untuk itu, Nur Sumedi meminta tim penelitian pengelolaan DAS, Dody Yuliantoro, S.P, dan Ir. Beny Harjadi, M.Sc memaparkan kepada tim BPDASHL Barito dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel bagaimana identifikasi dan konservasi mata air dalam pengelolaan DAS, serta pemilihan jenis dan kesesuaian lahan guna prakondisi kegiatan RHL. 

“Hari ini lebih ke gambaran umum. Saya berikan penghargaan tinggi telah datang ke Solo (Balitek DAS),” kata Sumedi setelah berdiskusi tentang materi yang disampaikan. 

Di akhir pertemuan disepakati bahwa BPDASHL Barito, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dan Balitek DAS Solo akan berkolaborasi dalam pembangunan demplot rehabilitasi DAS tersebut. Dr. M. Zainal Arifin, S.Hut., M.Si., Kepala BPDASHL Barito menegaskan bahwa setiap kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Kalsel wajib didampingi Balitek DAS Solo. Diharapkan dengan upaya tersebut, keberhasilan RHL di Kalsel akan meningkat. 

“Pertemuan ini, ke depan ditindaklanjuti dengan kegiatan pembangunan demplot rehabilitasi DAS untuk kerjasama dengan Balitek DAS Solo,” kata Dr. M. Zainal Arifin, S.Hut., M.Si., Kepala BPDASHL Barito di akhir kunjungan belajar tersebut. 

Sebelumnya, Zainal mengungkapkan bahwa sebetulnya Kalsel sudah mempunyai konsep yang jelas dan luas untuk proses RHL. Tetapi dalam proses penanaman tersebut banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi seperti analisa lahan, penentuan jenis tanaman, serta proses manipulasi kesuburan lahan. 

“Kami share yang kami temukan di lapangan dan bisa dibantu untuk mendapatkan kajian ilmiah (oleh Balitek DAS Solo). Mudah-mudahan bisa mendapatkan berkah sharing ilmu,” harap Zainal. 

Terkait itu, Ir. Siti Fatimahruzzahra, M.Si., Kepala Bidang Pengelolaan DAS, Dishut Provinsi Kalsel menyatakan bahwa sharing ilmu sangat diperlukan sebagai pembelajaran bagi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) sehingga tidak salah atau mengurangi kesalahan lagi dalam proses RHL. 

“Tahun 2018 ada target 32-35 ribu Ha dan baru menanam 10 ribu Ha, yang secara lapangan tidak melihat secara detail hasilnya. Kami juga mempunyai target untuk melakukan penanaman di hutan lindung. Tetapi jenis tanaman yang sesuai masih belum ditemukan,” kata Siti. 

Siti juga menambahkan bahwa saat ini, Kalsel sedang menggalakkan revolusi hijau dengan diterbitkannya peraturan daerah (Perda) No. 7 Tahun 2017 pada bulan Maret 2018. Adanya Perda tersebut diharapkan bisa merubah mindset masyarakat untuk menanam. Oleh karena itu, perlu adanya pembekalan kepada KPH-KPH yang akan disebarluaskan kepada masyarakat. 

BPDASHL dan Dishut Provinsi Kalsel juga meminta pendampingan dari Balitek DAS dalam pembuatan petunjuk teknis kegiatan konservasi mata air dan inventarisasi lahan untuk kesesuaian jenis tanaman dalam kegiatan RHL. Petunjuk teknis tersebut akan memberikan informasi dan kunci-kunci RHL di Kalsel. 

“Kita ke depan tetap keep kontak dengan Balitek DAS Solo. Ini membuka wawasan bahwa rehabilitasi di tingkat tapak perlu bimbingan secara masif dan intensif,” kata Giri Suryanta, S.Si., M.Sc., Kepala Seksi Evaluasi DASHL, BPDASHL Barito.

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Tim website