Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 30 September, 2018 - 1051 klik
Tingkatkan Pelayanan Prima, BLI Gelar Workshop Pelayanan Prima, Keprotokoleran dan Pengamanan Kantor

BLI (September_2018)_Dalam rangka meningkatkan pelayanan lingkup Badan Litbang dan Inovasi (BLI)  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada tanggal 29 September 2018 Bagian Kepegawaian, Hukum, Organisasi dan Tata Laksana (KHOT) Sekretariat BLI mengadakan Workshop Pelayanan Prima, Keprotokoleran dan Pengamanan Kantor di Kantor Sekretariat BLI, Bogor.

Sekretaris BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si mengatakan latar belakang diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan pelayanan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melayani pimpinan serta pengguna (pengguna berasal dari internal maupun eksternal BLI) agar merasa sangat puas. “Seorang ASN adalah pelayan publik, dengan workshop yang akan diselenggarakan satu hari penuh ini semoga dapat membentuk karakter ASN untuk dapat berperilaku, beretika dan melakukan fungsi pelayanan dengan sangat baik”. Tutur Sylvana.

Menurutnya pelayanan yang diberikan masing-masing tergantung dari tugas dan fungsinya sebagai pegawai, oleh karena itu setiap pegawai harus mengerti tugas dan fungsinya masing-masing. Sylvana mengatakan, “Pegawai harus sadar bahwa dirinya adalah pelayan publik, pegawai wajib untuk terus meningkatkan pelayanannya dengan beretika dan berperilaku sebaik-baiknya”.

Lebih lanjut Sylvana menekankan bahwa setiap pegawai harus berupaya meningkatkan pelayanan, karena ini adalah tugas dalam beretika dan berperilaku di BLI. Hal ini menurut Sylvana sangat penting terkait dengan urgensi pelayanan publik yang prima.

Sylvana mencontohkan, bagaimana seorang satpam Bank berperilaku apabila ada pelanggan yang akan melakukan transaksi di Bank tersebut. Tata cara layanan, etika, sopan santun, akhlak yang ditunjukkan oleh satpam tersebut dalam mengarahkan pelanggan dengan baik akan menimbulkan kesan yang positif dan menumbuhkan rasa puas terhadap pelayanan secara keseluruhan.

Di akhir sambutannya Sylvana menyampaikan harapan dari Kepala BLI, Dr. Agus Justianto, bahwa setelah mengikuti workshop ini loyalitas pegawai kepada BLI akan muncul, karena rasa bangga kita berada di BLI yang berhasil memberikan layanan terbaik untuk seluruh pengguna, baik itu internal maupun eksternal.

Hadir sebagai nara sumber pada workshop ini yaitu Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian LHK yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Pengembangan dan Penilaian Kinerja, Tuntum Rahayu, S.Sos., M.Hum. Membawakan materi peraturan disiplin, etika dan perilaku ASN.

Dilanjutkan dengan materi pelayanan prima untuk mendukung tupoksi BLI oleh Kepala Balai Diklat LHK Bogor, Dr. Ir. Kusdamayanti, M.Si. Materi selanjutnya adalah tata cara keprotokoleran yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan, Ir. Taruna Jaya., M.Si.

Selesai istirahat, materi workshop dilanjutkan dengan pembahasan tanggung jawab penanganan kantor  yang dibawakan oleh Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum KLHK, Very Santoso, S.E., M.M., dan dilanjutkan dengan materi terakhir dari Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan, Dr. Ir. Dwi Sudharto, M.Si., membawakan materi etika akhlak  pelayanan untuk mendukung tupoksi BLI. ***

Penulis : Muhamad Sahri Chair