Dientry oleh Rizda Hutagalung - 12 October, 2018 - 954 klik
BP2LHK Aek Nauli Fasilitasi Perusahaan Adakan Pelatihan Budidaya Kopi

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Oktober 2018)_Menyamakan visi dengan masyarakat tentang pengelolaan kopi di nagori (desa) sekitar areal konsesinya, PT. Toba Pulp Lestari mengadakan Pelatihan Budidaya Kopi, 8 - 10 September 2018. Mendukung kegiatan tersebut, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli memfasilitasi tempat yaitu di aula kantor.

Pelatihan yang menghadirkan narasumber dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) Jember ini diikuti masyarakat dari lima nagori di tiga Kecamatan di Kabupaten Simalungun.

Dalam sambutannya, Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng mewakili Kepala BP2LHK Aek Nauli menyambut hangat kedatangan seluruh peserta dan undangan pelatihan. Saat menyampaikan profil balai secara singkat, Ali juga menyampaikan bahwa BP2LHK Aek Nauli selain melakukan penelitian, juga memiliki paket teknologi budidaya lebah madu dan asap cair yang dapat diintegrasikan dengan tanaman kopi.

“Tanaman kopi dapat menjadi sumber pakan lebah madu dan asap cair dapat membunuh hama dan penyakit pada tanaman kopi sehingga meningkatkan produksi kopi,” jelas Ali.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian Kab. Simalungun, Mangedar Saragih pada Senin (8/10/2018). Saragih mengajak masyarakat agar sunguh-sungguh mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

“Dengan adanya program pelatihan ini mudah-mudahan petani dapat meningkatkan keterampilan dalam membudidayakan kopi,” tutur Saragih.

Mewakili humas PT. TPL, Bahara Sibuea menghimbau masyarakat agar menghilangkan persepsi bahwa kegiatan pelatihan seperti ini hanya seremonial saja. “Harapan saya kerjasama PT. TPL dengan 5 nagori ini menjadi nyata di lapangan sehingga terwujud komunikasi yang interakatif,” kata Sibuea.

Kelima nagori yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu nagori Sipangan Bolon, Sibaganding, Panombean Huta Urung, Sihaporas, dan Tambun Raya. Nagori tersebut termasuk dalam kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jorlang Hataran, dan Pematang Sidamanik. Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian sosial PT. TPL terhadap masyarakat sekitar kawasan.***NNN

Penulis : NNN