Dientry oleh Rizda Hutagalung - 22 October, 2018 - 1139 klik
Peresmian Galeri Lebah - Aek Nauli Beecosystem

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Oktober 2018)_Kamis (18/10/2018) Galeri Lebah - Aek  Nauli Beecosystem diresmikan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Dr. Ir. Sylvana Ratina, S.Hut, M.Si. Peresmian tersebut dilaksanakan setelah fasilitas sarana dan prasarana galeri lebah selesai dibangun pada kawasan arboretum Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli.

“Dalam hal galeri lebah, bukan hanya madunya yang kita jelaskan, tapi bagaimana proses menghasilkan madu dari awal sampai akhir. Bagaimana kita sebagai instansi litbang mengajak orang untuk menjaga keberlanjutannya. Kandungan-kandungan apa yang terdapat di dalamnya, kolerasinya pada kesehatan tubuh dan stamina, kemudian nilai komersilnya. Sehingga peneliti punya kebanggaan. Harus kreatif, kolaboratif, berpikir kritis dan memberi jalan keluar,” kata Sylvana dalam sambutannya.

Sylvana menyampaikan rasa syukur yang sangat luar biasa saat memasuki kawasan KHDTK Aek Nauli. Menurutnya BP2LHK Aek Nauli diberikan karunia potensi alam yang sangat luar biasa. Sebagai ASN harus ada legacy yang dicapai, ada kenang-kenangan prestasi dan prestise yang menunjang kemajuan instansi sesuai dengan target yang hendak dicapai.

“Litbang adalah harta karun tapi belum berhasil dijual. Dijual dalam hal yang positif yang artinya menjadikan hak paten, komersil, dan ada royalty yang bisa dinikmati bagi para peneliti,” kata Sylvana.

Sebelumnya, Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si mengucapkan terimakasih kasih kepada Sekretaris BLI KLHK yang telah bersedia hadir untuk meresmikan dan juga sejak tahun 2017 sudah memotivasi BP2LHK Aek Nauli untuk mulai menyajikan edutaiment ilmiah wisata lebah madu dan wisata ilmiah yang lain.

Pratiara juga menjelaskan bahwa yang apa dibangun ini merupakan satu inovasi baru yang menggabungkan beberapa sistem menjadi 1 paket. Penggabungkan yang dimaksud adalah menjadikan galeri lebah, taman nektar, alih teknologi, riset, bisnis, dan wisata menjadi satu-kesatuan yang dibranding dengan nama Aek Nauli Beecosystem. Dalam pelaksanaan kegiatannya, pengelola Aek Nauli Beecosystem telah memiliki manajemen sendiri dan berkolaborasi dengan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Silva BP2LHK Aek Nauli.

“Ini sudah siap dijalankan. Penunjukkan manajemen sendiri dan kolaborasi dengan Koperasi diharapkan mampu mengarah ke BLU. Dalam dua bulan sudah sangat positif, 1 bulan kedepan sudah ada mau datang, Sabtu dan Mnggu juga sudah ada kunjungan dan sudah berbayar” kata Pratiara. “Memang belum sempurna tetapi PNBP nya telah kita setor. Kita harus mulai berbuat” sambung Pratiara.

Kegiatan peresmian galeri lebah dilanjutkan dengan penandatangann prasasti oleh Sekretaris BLI, pembukaan tirai, pengguntingan pita, dan peninjauan langsung kondisi galeri lebah, serta dilanjutkan dengan panen madu. Teknisi Litkayasa BP2LHK Aek Nauli, Aam Hasanuddin, S.Hut yang mendampingi menjelaskan hasil-hasil dari budidaya madu, alat pemanenan, hingga pada proses pemanenan lebah madunya. Kemudian Sylvana didampingi Peneliti BP2LHK Aek Nauli, Dr. Aswandi, S.Hut, M.Si juga meninjau lokasi taman bunga yang merupakan taman penghasil pakan lebah.***DCP

Penulis : DCP