Dientry oleh Rizda Hutagalung - 01 November, 2018 - 699 klik
Outing Class Berwawasan Lingkungan, SMP IT Al Fityan Gowa Kunjungi BP2LHK Makassar

BP2LHK Makassar (Makassar, November 2018)_Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makassar kedatangan tamu dari SMP Islam Terpadu (IT) Al Fityan Gowa, Rabu (31/10/2018). Sekitar 140 siswa-siswi kelas 8 didampingi 10 orang guru pembinanya berkunjung dalam rangka kegiatan outing class bertema “Menanamkan Karakter yang Berwawasan Lingkungan”.

Ir. Misto, MP, Kepala BP2LHK Makassar menyambut baik kegiatan ini dan berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan seluruh jajarannya karena telah mempercayakan BP2LHK Makassar sebagai lokasi kegiatan outing class.

“Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sebaik-baiknya dan dijadikan khalifah di muka bumi. Sebagai khalifah kita harus menjaga dan memelihara lingkungan hidup. Pada kesempatan ini, adik-adik siswa/i SMPT IT Al Fityan bisa mengenal dan mempelajari tentang lingkungan hidup yang akan menjadi bekal sebagai khalifah di hari mendatang. Kegiatan ini diharapkan dapat dikembangkan lebih luas lagi menjadi kegiatan pengenalan lingkungan hidup di masa mendatang,” kata Misto dalam sambutannya.

Pada kegiatan outing class ini siswa/i dibagi menjadi 9 kelompok dengan 9 materi agenda kegiatan. Beberapa materi diberikan di Kelti Silvikultur yaitu tentang kultur jaringan di Laboratorium Kultur Jaringan yang dibawakan oleh Ir. Nursyamsi, M.Sc dan tim; Pengenalan mikrobiologi di Laboratorium Mikrobiologi yang dibawakan oleh Dr. Retno Prayudyaningsih dan tim; Pengenalan bibit tanaman di persemaian yang dibawakan oleh Heri Suryanto, S.Hut, M.Si dan tim; serta pengenalan kayu di Laboratorium Teknologi Hasil Hutan yang dibawakan oleh Dr. Muhammad Asdar dan tim.

Sementara itu, di Kelti Konservasi Sumber Daya Hutan dilakukan kegiatan pengolahan sampah organik dan anorganik di demplot pengelolaan sampah terpadu yang dibawakan oleh Ir. Hunggul Yudono SHN, M.Si dan tim; Ekosistem hutan di arboretum dibawakan oleh Ir. Merryana Kiding Allo, MP dan tim; serta konservasi sumber daya hutan di ruang rapat yang dibawakan oleh Hasnawir, S.Hut, M.Sc, PhD dan tim.

Sedangkan untuk kegiatan di Kelti Sosial Ekonomi Kebijakan Kehutanan dilakukan kegiatan pengenalan sutera di Laboratorium Sosial Ekonomi yang dibawakan oleh Nurhaedah M, S.P, M.Si dan tim; Pengenalan madu di ruang teleconference yang dibawakan oleh Rini Purwanti, S.Hut, M.Sc dan tim; serta pengelolaan pohon di ruang kelti sosek yang dibawakan oleh Dr. Abdul Kadir W, S.Hut, M.Si dan tim.

Para siswa sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan outing class ini. Hal ini terlihat dari semangat mereka saat berjalan dari pos yang satu ke pos lainnya dan antusiasme mereka terlihat saat mereka bertanya. Mereka belajar berbagai hal tentang pengelolaan lingkungan hidup sesuai tema kegiatan outing class ini dan sesuai dengan kegiatan adiwiyata yang diajarkan di sekolah.

Setelah materi kegiatan di 9 lokasi, acara outing class dilanjutkan di teras halaman BP2LHK Makassar dengan agenda kuis, penyerahan kenang-kenangan sekaligus penutupan. Dalam kegiatan kuis, siswa-siswi SMP IT Al Fityan Gowa sangat bersemangat dalam menjawab soal yang telah disiapkan oleh panitia. Dari 10 pertanyaan yang disiapkan, siswi putri berhasil menjawab 7 pertanyaan sedangkan siswa putra menjawab 3 pertanyaan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari SMP IT Al Fityan Gowa ke BP2LHK Makassar dan penyerahan bibit tanaman dari BP2LHK Makassar ke SMP IT Al Fityan Gowa untuk ditanam di lingkungan sekolah.

Saat penutupan, Ir. Turbani Munda, M.Hut yang mewakili Kepala BP2LHK Makassar mengucapkan terima kasih atas kunjungan outing class siswa-siswi SMP IT Al Fityan Gowa di BP2LHK Makassar. “Kegiatan outing class ini berjalan dengan baik, tertib dan lancar karena partisipasi semua pihak yang telah bekerja dengan baik,” kata Turbani.

Turbani berharap, kunjungan ini menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi para siswa mengenai lingkungan Hidup dan tentu saja menambah wawasan mereka menjadi lebih luas.

Senada dengan itu, Fadli Zainal, LC, Kepala Sekolah SMP IT Al Fityan Gowa sangat berterima kasih dan mengapresiasi pihak BP2LHK Makassar karena telah memberikan fasilitas dalam memberikan wawasan tentang lingkungan kepada peserta didiknya.

“Melalui kegiatan outing class ini, siswa/i mendapatkan wawasan tentang lingkungan yang sangat bermanfaat karena bertujuan untuk membangun kesadaran lingkungan, dengan harapan siswa-siswi akan terbangun wawasan lingkungan dan juga terbangun karakter kepedulian terhadap lingkungan. Semoga kegiatan kerja sama ini bisa berjalan untuk ke depannya sehingga ada follow up terkait program-program lingkungan,” kata Fadli.***ADE dan IKI

Penulis : ADE dan IKI