Dientry oleh Rizda Hutagalung - 06 November, 2018 - 620 klik
Memotivasi Kerja Pegawai, BP2LHK Banjarbaru Adakan Penyegaran di KHDTK Kintap

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, November 2018)_Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru mengadakan penyegaran pegawai sekaligus acara penanaman di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kintap.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, 1 - 2 November 2018 ini mengusung tagline “Bersama Kita Bisa”. Tagline ini dimaksudkan untuk memotivasi seluruh pegawai agar bersama-sama memacu kinerjanya di penghujung tahun ini.

Acara dibuka oleh Kepala Balai BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmitohadi, MSc di kantor, sesaat menjelang keberangkatan rombongan dari Banjarbaru menuju Base Camp KHDTK Kintap, Desa Riam Adungan, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut.

Di lokasi acara, kegiatan diisi dengan pembinaan pegawai, rapat bulanan progres realisasi kegiatan, dan diskusi.  “Saya harapkan seluruh pegawai agar segera mempercepat pelaksanaan kegiatan yang telah dijadwalkan agar serapan anggaran bisa dicapai sesuai target,“ kata Tjuk menghimbau seluruh pegawai.

Pada kesempatan ini pula, Tjuk mengapresiasi kekompakan dan hasil kerja tim konsumsi dan tim multimedia yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini. Tjuk pun menegaskan bahwa acara rapat seperti ini yang diadakan di luar kantor akan diagendakan kembali di tahun depan di tempat yang berbeda.

Keesokan harinya acara dilanjutkan dengan penanaman di areal KHDTK Kintap. Turut serta dalam acara ini  Kepala Desa Riam Adungan, Parmadi. Acara penanaman dimulai dengan kegiatan menyusuri hutan di areal KHDTK Kintap sejauh ± 3 km menuju areal penanaman.

Pada sesi ini seluruh peserta diajak oleh Tjuk dan para peneliti senior untuk kilas balik atau mengenang kegiatan penelitian yang telah dilakukan beberapa puluh tahun yang lalu. Penelitian tersebut diantaranya penelitian silvikultur dan pengelolaan hutan tanaman meranti, plot tebang rumpang, plot tanaman ulin, dan plot penelitian dan uji coba jenis Dipterocarpa (tengkawang).

Pada acara ini ditanam ± 300 bibit berbagai tanaman buah seperti durian, mangga, jeruk, rambutan, kedondong, kakao, dan lain-lain. Areal penanaman berada di pinggir areal KHDTK Kintap, di tepi jalan utama Desa Riam Adungan, dan tidak jauh dari base camp. Harapannya ketika tanaman ini telah berbuah, para pegawai dan tamu yang singgah di Base Camp KHDTK Kintap bisa memetik buah untuk dicicipi dengan lebih mudah.

Pada akhir acara, diserahkan donasi yang dikumpulkan dari seluruh pegawai kepada Kepala Desa Riam Adungan untuk disumbangkan ke Masjid Riam Adungan yang saat ini sedang direnovasi. Selain menyegarkan pegawai dengan aktivitas di lingkungan kantor, kebersamaan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa kekeluargaan antar pegawai sehingga pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kinerja.***DA

Penulis : DA