Dientry oleh Rizda Hutagalung - 26 November, 2018 - 801 klik
Mahasiswa Biologi UMPAR Berkunjung ke BP2LHK Makassar

BP2LHK Makassar (Makassar, November 2018)_Mahasiswa Biologi Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) mengunjungi Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makassar, pada Rabu (21/11/2018). Kunjungan ini dalam rangka peningkatan mutu pendidikan melalui kerjasama dan kegiatan belajar dengan para peneliti.

Sebanyak 38 mahasiswa, yang mengambil mata kuliah biologi terapan hadir dalam kunjungan tersebut.  Rombongan dipimpin oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi UMPAR, Dr. Henny Setiawati, M.Pd., yang mewakili Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMPAR.

“Kami berharap, kunjungan ini dapat memberikan pengalaman dan tambahan ilmu pengetahuian di masa yang akan datang,” ujar Henny saat memberikan sambutannya.  Selain itu, Henny juga berharap dapat bekerjasama dengan BP2LHK Makassar terutama mengenai sarana dan prasarana penelitian seperti alat-alat laboratorium yang tentunya dapat menunjang sistem Pendidikan di UMPAR.

Parepare memiliki sumber daya jamur yang besar, oleh karenanya peluang mendapatkan mikoriza sangat luas. “Mahasiswa-mahasiswa kami ingin menimba pengalaman tentang penelitian dan pengembangan di bidang mikoriza tersebut,” lanjut Henny. Pengetahuan tersebut akan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melakukan penelitian-penelitan yang ke depan dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan mensejahterakan masyarakat setempat.

Ir. Misto MP selaku Kepala Balai BP2LHK Makassar, dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memiliki sarana belajar tersebut di lokasi yang bernama Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK). “Kawasan ini terbuka luas untuk dimanfaatkan mahasiswa yang akan melakukan kegiatan penelitian terkait lingkungan hidup dan kehutanan,” jelas Misto.

“Adik-adik mahasiswa UMPAR ini, saya tantang untuk dapat menjadi pakar salah satu bidang ilmu tersebut,” tegas Misto.  Perkembangan industri generasi ke-4 ini merupakan peluang yang sangat besar bagi generasi milenial.  “Ciptakanlah inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan memajukan daerah serta negara,” lanjut Misto.

Setelah acara sambutan, selanjutnya para mahasiswa tersebut dibagi dalam 4 Kelompok. Setiap kelompok mendapat kesempatan mengunjungi Laboratorium Mikrobiologi, Persemaian, Silvikultur dan Green House BP2LHK Makasar. Kunjungan dilakukan secara bergantian dalam kurun waktu tertentu.

Dalam setiap laboratorium, para mahasiswa mendapatkan materi dan diskusi yang dibimbing oleh peneliti-peneliti BP2LHK Makasar.  Mahasiswa nampak sangat antusias dan fokus pada setiap pemaparan.  Beragam pertanyaan diajukan dalam setiap kesempatan diskusi dengan pembimbing di setiap laboratorium.  Ada Edi Kurniawan, S.Hut, M.Hut. di Green House, Albert Donatus M, S.Hut di persemaian, Retno Prayudyaningsih, S.Si, M.Sc. dan Andi Sri Rahmah, S.Si. di Mikrobiologi, dan Ramdana Sari, S.Si di Silvikultur. Materi yang disampaikan oleh setiap pembimbing adalah pengaplikasian mikroba tanah (Mikoriza dan Rhizobium) untuk peningkatan pertumbuhan tanaman hutan.

Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan dengan pemberian kenang-kenangan dari Kepala BP2LHK Makasar kepada mahasiswa berupa bibit pohon, untuk dapat ditanam di kampus mereka. Penutupan kegiatan ditandai dengan ucapan terima kasih dari Ketua Program Studi Pendidikan Biologi UMPAR dan sesi foto bersama. ***IKI

Penulis : Tim website