Dientry oleh Rizda Hutagalung - 05 December, 2018 - 1374 klik
Rencanakan Kegiatan DAS Tahun Depan, BPDASHL Kahayan Studi Banding ke Balitek DAS

Balitek DAS (Surakarta, November 2018)_Dipimpin langsung oleh Kepala Balainya, pegawai Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kahayan studi banding ke Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo, Kamis (15/11). Ini dilakukan untuk mendukung kegiatan perencanaan BPDASHL Kahayan Tahun 2019.

”Kunjungan ini dimaksudkan menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang mampu untuk melakukan analisis DAS dan KTA (konservasi tanah dan air). Balai kami ada kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan DAS dan KTA, tetapi dalam pelaksanaanya ada beberapa kendala. Untuk itu, kami berkunjung ke sini untuk menemukan solusi atas kendala-kendala tersebut,” kata Ir. Supriyanto Sukmo Sejati, M.Si, Kepala BPDASHL Kahayan.

Rombongan diterima langsung oleh Ir. Salamah Retnowati, M.Sc., Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama (DIK) bersama beberapa peneliti yaitu Dr. Agung Budi Supangat, S. Hut., M.T., Dr. Ir. Endang Savitri, M. Sc., Ir. Beny Harjadi, M.Sc., Pamungkas Buana Putra, S. Hut., M. Sc., Susi Abdiyani, S. Hut., M. Env.Mgmt., Dr. Ir. Nining Wahyuningrum, M. Sc., dan Ir. Purwanto, M.Si.

Adapun materi yang disampaikan sesuai permintaan BPDASHL Kahayan adalah: Perhitungan kerawanan banjir limpasan; Perhitungan kerawanan Tanah Longsor; Identifikasi dan perhitungan bangunan KTA; Identifikasi dan inventarisasi danau, waduk dan mata air; Perhitungan kinerja DAS; dan Implementasi pedoman internalisasi RPDAS ke dalam RTRW.

Dalam proses diskusi terjadi dialog yang sangat interaktif terutama dalam proses penentuan lokasi serta jenis tanaman yang sesuai untuk rehabilitasi, penentuan metode banjir disesuaikan dengan karakteristik DAS, pembuatan gully plug dan DPn untuk pengendalian erosi jurang, serta peraturan pengelolaan DAS terkait monev DAS.

"Diskusi ini tidak dibatasi. Bisa komunikasi lebih lanjut by email atau WA (whatsapp). Metode kami membantu analisis untuk memperkuat laporan BPDASHL. Kami juga pernah melakukan latihan analisis DAS yang dikaitkan dengan monev DAS pada tahun 2014. Mungkin ada beberapa peserta dari BPDASHL Kahayan. Jadi bisa juga sharing informasi. Balitek DAS selalu siap untuk membantu,” tegas Dr. Agung Budi Supangat, S. Hut., M.T., moderator pertemuan.***

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Tim website