Dientry oleh Master Administrator - 20 December, 2018 - 1566 klik
Bahas Implementasi AIKO, P3HH Gelar FGD

P3HH (Jakarta, Desember 2018)_Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas implementasi Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) untuk masyarakat, Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (19/12).

AIKO merupakan inovasi sinergi antara P3HH Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) dengan Pusat Penelitian dan Informatika LIPI. Pengembangan AIKO ini terlaksana sejak 2017 melalui dukungan program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Acara bertajuk Operasionalisasi AIKO dan Sosialisasi Xylarium Bogoriense ini, dibuka oleh Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) Dr. Agus Justianto, M.Sc. Dalam sambutannya, Agus mengatakan bahwa secara teknis AIKO sudah terbukti mampu mengidentifikasi jenis kayu secara akurat melalui aplikasi android.

“Kelayakan teknis AIKO harus diikuti dengan kesiapan implementasi dan administrasi. Pemanfaatan AIKO merupakan sumber PNBP bagi negara sehingga memerlukan mekanisme pengelolaan yang sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh pemeritah,” tambah Agus.

Kepala P3HH, Dr. Ir. Dwi Sudharto, M.Sc menyampaikan bahwa saat ini AIKO masih memerlukan dukungan sistem pembayaran dan regulasi yang sesuai.

“Salah satu upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan aplikasi sistem pembayaran adalah bersinergi dengan PT. Telkom Indonesia, untuk menjaring berbagai opsi sistem pembayaran,” kata Dwi.

Peserta yang hadir pada acara ini antara lain dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, LIPI, PT. Telkom, Asosiasi Pekayuan, Lembaga Sertifikasi (PHPL dan SLK), pelaku usaha industri perkayuan dan calon pengguna AIKO.***

Penulis : Tipuk