Dientry oleh Master Administrator - 21 December, 2018 - 1746 klik
P3KLL Bahas Hasil Litbang 2018

P3KLL (Serpong, Desember 2018)_Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) menyelenggarakan pembahasan hasil litbang tahun 2018, pada 20-21 Desember 2018 di Auditorium P3KLL, Serpong. Tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan atas laporan hasil litbang yang telah dilakukan dan dicapai para peneliti dan fungsional Pengendali Dampak Lingkungan (Pedal), guna penyempurnaannya.

Kegiatan ini dihadiri narasumber, peneliti dan peserta dari Litbang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Unit Pelaksana Teknis KLHK, Puslitbang Pemukiman Kementerian PUPR, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Trisakti. Masukan yang diperoleh dari para pihak tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kinerja P3KLL di tahun mendatang.

Pada 2018, P3KLL telah melaksanakan 6 judul kegiatan penelitian dari 3 Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif (RPPI yaitu) 10,11,12, serta 4 kegiatan pengembangan pada RPPI 7 Pengembangan.

Hasil yang dicapai P3KLL pada tahun 2018 diantaranya:

  1. Telah dikembangkan rumus perhitungan Indeks Kualitas Air (IKA) yang akan digunakan oleh Direktorat PPA Ditjen PPKL-KLHK untuk perhitungan IKA Nasional pada tahun 2020-2024;
  2. Kegiatan pengembangan penanggulangan kebisingan di lingkungan sekolah telah dipasang penghalang bunyi yaitu di SMAN 2 Cibinong. Alat ini berfungsi menghalangi masuknya suara ke ruang kelas sehingga anak-anak lebih konsentrasi dalam belajar;
  3. Kegiatan pengembangan biosanita telah diusulkan dalam Rancangan Peraturan Daerah Kota Depok. Teknologi biosanita sebagai teknologi alternatif dalam pengelolaan limbah domestik di perumahan.

Hal-hal yang dicapai merupakan kerja keras dari para peneliti, pedal dan tim serta arahan para Pembina RPPI. Termasuk semua pihak dari instansi pemerintah, swasta yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik.

Selama 3 tahun terakhir, P3KLL telah melaksanakan 3 judul besar penelitian dari 15 judul besar dan 1 judul kegiatan pengembangan dari 7 judul yang dilaksanakan oleh BLI, diantaranya:

  1. RPPI 10 Kualitas lingkungan untuk Indeks Kualitas Lingkungan Hidup dan Indonesian Standard Technique Method;
  2. RPPI 11 Kualitas lingkungan untuk Indeks pembangunan berkelanjutan;
  3. RPPI 12 Pola konsumsi dan produksi berkelanjutan;
  4. RPPI 7 Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup.***AF

Penulis : Ali Fardian