Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 26 December, 2018 - 2899 klik
BP2LHK Manado Gandeng Tim Pakar Unsrat dan Mitra Kerjasama Bahas Laporan Hasil Litbang

BP2LHK MANADO (Manado, Desember 2018) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado melaksanakan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian/Laporan Hasil Pengembangan (LHPt/LHPg) di Ruang Rapat kantor yang berslogan “Kampus Kreatif Sahabat Rakyat”,  18/12.

Dalam kesempatan ini, Balai mengundang stakeholder terkait dari instansi pemerintah baik pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara maupun instansi pusat yaitu UPT lingkup KLHK yang ada di Prov. Sulawesi Utara, swasta dan perguruan tinggi mitra B2LHK Manado yaitu Universitas Sam Ratulangi.

Tim pakar yang ditunjuk bersal dari Program Studi Kehutanan Universitas Sam Ratulangi Manado yaitu Dr. Martina Langi, Dr. Terry M. Frans dan Ir. Alfonsius Thomas, MP untuk memberikan masukan terhadap draft LHPt/LHPg yang telah disusun peneliti agar lebih tajam dari sisi pembahasan substansi. Dr. Martina Langi sangat mengapresiasi kinerja para peneliti BP2LHK Manado selama ini yang telah berhasil mengangkat tema-tema riset yang menjadi ikon Sulawesi Utara dan juga flora fauna endemik Wallacea seperti anoa, eboni, dan pakoba. Sementara itu Dr. Terry M. Frans menyampaikan bahwa BP2LHK Manado juga telah berhasil menjadi ikon lembaga yang concern pada konservasi eksitu anoa dan hal ini merupakan prestasi yang luar biasa.

Dari mitra kerjasama BP2LHK Manado, yaitu PT. Meares Soputan Mining (MSM) - PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN) melalui wakilnya Edi Permana, menyampaikan bahwa penelitian di BP2LHK Manado sangat menarik khususnya yang terkait dengan reklamasi tambang dan konservasi eboni karena bisa menjadi masukan bagi perusahaan untuk program reklamasi tambang di areal kerja PT. MSM-TTN kedepannya. Seperti telah diketahui bahwa PT. MSM-TTN juga telah berkontribusi dalam pengembangan Anoa Breeding Centre melalui dana CSR yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama dengan BP2LHK Manado.

Diinformasikan, selama tahun 2018, BP2LHK Manado melaksanakan 3 (tiga) judul penelitian yaitu Kajian Potensi Sosial dan Budaya Masyarakat Sekitar Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dalam Upaya  Mendukung Pelestarian Anoa (Bubalus spp.) sebagai satwa terancam punah; Reklamasi Lahan Bekas Tambang Nikel Melalui Fitoremediasi dan Bioremediasi; dan Teknologi Pemanfaatan Pakoba (Syzygium luzonense (Merr) Merr) Sebagai Tanaman Hutan Berpotensi Obat.

Selain itu juga melaksanakan 6 (enam) enam judul kegiatan pengembangan dengan judul antara lain : Pengembangan Demplot Kebun Benih dan Konservasi Eksitu Eboni (Diospyros spp.); Upaya Penanganan Konflik Tenurial di KPHP Model Poigar Melalui Pengembangan Kemitraan Kehutanan; Penanaman murbei unggul dan budi daya ulat sutera; Breeding Centre of Anoa; Pilot Teknologi Inokulasi Gaharu pada Tegakan Gaharu Masyarakat di Sulawesi Utara Dan Gorontalo; dan Penguatan Kelembagaan Masyarakat Pulau Perbatasan Berbasis Kehutanan.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Sc, berkesempatan untuk membuka pembahasan LHP kali ini dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat memberikan feedback yang positif bagi kegiatan litbang di lingkup BP2LHK Manado dan menjadi bagian dari pertanggungjawaban terhadap publik atas kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2018.

Pada sesi penutupan, Kepala Seksi Program dan Evaluasi, BP2LHK Manado, Cahyo Riyadi, mewakili Kepala Balai menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat membantu BP2LHK Manado untuk mendapatkan sudut pandang yang lain dan penajaman substansi yang mungkin selama ini belum mampu dillihat oleh peneliti dan manajemen BP2LHK Manado khususya terkait kegiatan litbang tersebut sehingga kedepan kiprah BP2LHK Manado dalam mendukung agenda riset nasional dapat semakin signifikan dan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.***CR-7

Dokumentasi          : Muhammad Farid & Harwiyaddin Kama

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

bp2lhkmanado@gmail.com

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : Cahyo Riyadi