Dientry oleh Master Administrator - 18 January, 2019 - 2655 klik
Serah Terima Jabatan Kepala B2P2BPTH Yogyakarta

BLI (Jakarta, Januari 2019)_Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Agus Justianto, menyaksikan serah terima jabatan Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta. Penyerahan dilakukan oleh Ir. Tandya Tjahjana, M.Si., kepada Dr. Nur Sumedi, Kepala B2P2BPTH yang baru, Jakarta (16/1).

Serah terima ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 621 tanggal 31 Desember 2018 tentang pengangkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta.

“Menjadi Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, merupakan pilihan Saudara yang melalui sebuah proses seleksi panjang, yang akhirnya Saudara ditetapkan sebagai Kepala Balai Besar. Saya yakini bahwa Saudara sudah mempunyai rencana besar untuk membangun dan memajukan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta,” kata Agus dalam sambutannya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, B2P2BPTH Yogyakarta, merupakan satuan kerja (satker) yang sangat strategis dalam mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Balai besar mempunyai fokus untuk bioteknologi dan kultur jaringan, konservasi sumberdaya genetik dan pemuliaan tanaman hutan. 

Sebagai bagian dari BLI, B2P2BPTH Yogyakarta merupakan garda terdepan dalam pengembangan IPTEK dan pengembangan inovasi di sektor LHK. Oleh karenanya, Agus berharap balai harus dapat memberikan lompatan IPTEK dengan hasil-hasil penelitian yang konstruktif dan problem solver atas permasalahan yang ada.

Hal tersebut, lanjut Agus, adalah sesuai dengan mandat BLI sebagai penyedia IPTEK bidang LHK yang mendukung pencapaian strategis Kementerian LHK. Itu juga berarti, BLI harus mampu menjadi penyedia IPTEK bidang LHK yang dibutuhkan eselon 1 lingkup KLHK dan pengguna di luar KLHK. Dalam hal inilah B2P2BPTH Yogyakarta harus mampu memainkan peran sebagai ‘leading the way’ yang sejalan dengan program Kementerian LHK.

“Akhirnya saya ucapkan selamat atas prestasi mencapai Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di KLHK, semoga Alloh SWT selalu memberikan bimbingannya dalam menjalankan tugas-nya. Dan kepada Bapak Tandya diucapkan terima kasih karena telah memimpin dan membawa Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta menjadi lebih eksis dan telah memperoleh beberapa penghargaan antara lain PUI dan penghargaan lainnya, yang tentunya sangat membanggakan. Semoga ditempat yang baru menjadi lebih sukses,” pungkas Agus di akhir sambutannya.

Perlu diketahui, saat ini Ir. Tandya Tjahjana, M.Si. menjabat sebagai Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Essensial pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, KLHK. Sementara Dr. Sumedi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balitek DAS Solo

Acara serah terima ini disaksikan juga oleh Dr. Sylvana Ratina, Sekretaris BLI, Kepala Bagian Kepegawaian Hukum Organisasi dan Tata Laksana (HOTL), BLI, Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si., perwakilan Biro Kepegawaian KLHK serta para staf Bagian HOTL.*(DP)

Penulis : Dyah Puspasari