Posted by Master Administrator - 11 January, 2019 - 850 klik
Racun Api Bantu Padamkan Karhutla di Riau

Pekanbaru, Memasuki awal Januari 2019, karhutla kembali melanda Riau, tepatnya di Jl. Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar (5/1/2019). Kebakaran kali ini menghanguskan lahan milik masyarakat seluas ± 15 Hektar dengan vegetasi semak dan ilalang.

Mendapat laporan, 1 regu Manggala Agni Daops Pekanbaru diterjunkan untuk melakukan pemadaman di areal terbakar. Pemadaman juga dibantu oleh 7 orang personel TNI dari Koramil Tapung dan 9 orang MPA.

Kondisi cuaca terik menjadi kendala tersendiri dalam pelaksanaan pemadaman kali ini. Untuk mengefektifkan pemadaman, 30 liter racun api turut membantu usaha dalam menjinakkan si jago merah.

Komandan regu 1 Manggala Agni Daops Pekanbaru, Roni Rodesa menuturkan bahwa saat ini api mulai redup dan pemadaman akan dilanjutkan esok hari mengingat hari sudah gelap. Sekat bakar juga telah dibuat untuk menghindari kobaran api semakin meluas.

“Ada indikasi lahan sengaja dibakar dikarenakan vegetasi terbakar merupakan semak belukar. Untuk proses hukum, kita serahkan kepada pihak kepolisian”, ujar Roni.

Tahun 2019 diperkirakan Indonesia akan mengalami fase El-Nino lemah hingga moderat, untuk itu diperlukan kesadaran semua pihak dalam pencegahan karhutla di Sumatera khususnya Provinsi Riau.

(Daops Pekanbaru/Humas Balai PPIKHL Wil. Sumatera/Chaerul)

Sumber: Ditjen PPI KLHK
 
Informasi lainnya klik disini
Penulis : Ditjen PPI KLHK