Dientry oleh Master Administrator - 14 January, 2019 - 815 klik
ITPC Ditargetkan Resmi Berdiri Sebelum Akhir 2019

BLI (Bogor, Januari 2019)_Peresmian dan peluncuran Pusat Gambut Tropis Internasional atau International Tropical Peatland Center (ITPC) ditargetkan dapat terlaksana sebelum akhir 2019. Hal ini tertuang dalam rencana kerja Strategic Priorities (SP) ke-1 yang disampaikan Kepada Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Agus Justianto, pada acara Koordinasi Program dan Aktivitas ITPC 2019 di hadapan para mitra koordinasi ITPC, di Ruang Sekretariat ITPC, Kampus Gunung Batu, Bogor (10/1).

“Pendirian ITPC ini sangat dibutuhkan untuk mendukung tindakan besar dengan teknologi pengetahuan terkini dan inovasi-inovasi baru,” tegas Agus dalam sambutannya. Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa tanggung jawab pembentukannya adalah Interim Secretariat ITPC dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya, telah resmi dibentuk dan di-soft launching pada tanggal 30 Oktober 2018 lalu.

Selain terpenuhinya aspek legal ITPC, keluaran yang diharapkan dari Interim Secretariat ITPC dalam 10 bulan ke depan adalah tersedianya masterplan strategi dan praktik pengelolaan lahan gambut, roadmap pendanaan serta sistem tata kelola.

“Saya berharap Interim Secretariat dapat segera merealisasikan agenda dan aktivitas ITPC. Dan karena kita akan melangkah jauh, maka kita harus melakukannya bersama-sama. Kami mengundang para pihak untuk bergabung,” tegas Agus.

Para mitra koordinasi yang hadir pada acara ini yakni United Nations Environment Programme (UNEP), Center for International Forestry Research(CIFOR) dan Badan Restorasi Gambut (BRG). Selain itu, hadir juga Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), selaku mitra pelaksana ITPC.

 

 
Sumber: Litbang KLHK
 
Informasi lainnya klik disini
Penulis : LItbang KLHK