Dientry oleh Rizda Hutagalung - 28 January, 2019 - 2600 klik
Swara Samboja: Berburu Resep Obat di Haratai

Salam Konservasi,

Menutup tahun 2018, Balitek KSDA menerbitkan Majalah Swara Samboja Vol VII/No 3/Th 2018 dengan mengangkat tema “Berburu Resep Obat di Haratai” yang ditulis oleh Noorcahyati, salah satu peneliti obat di Balitek KSDA. Tulisan ini merupakan catatan perjalanan pendokumentasian beraneka resep obat dari etnis Dayak Meratus di Haratai. Haratai merupakan sebuah desa dekat kawasan objek wisata air terjun Haratai di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. 

Naskah selanjutnya juga masih mengetengahkan trend “back to nature” dan perkembangan industri obat berbahan alam serta tantangan pengembangan obat tradisional Kalimantan yang ditulis oleh Septina Asih Widuri dan Noorcahyati dalam tulisan “Jalan Panjang Menuju Fitofarmaka Kalimantan”. 

Dalam rubrik artikel, Mira Kumala Ningsih dkk. mengupas potensi wisata di bentang karst Maros-Pangkep yang sangat besar dan bagaimana pengembangan potensi ekowisata kedepan dalam tulisan “Pesona Wisata Karst di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Sulawesi Selatan”. 

Selanjutnya, Ardiyanto Wahyu Nugroho akan menyampaikan tulisan “Peluang dan Tantangan Pengelolaan KHDTK Samboja Implementasi Perhutanan Sosial Berdasarkan Peraturan Terkini”. Dalam tulisan ini akan dibahas antara lain kemitraan Kehutanan dalam Permen LHK P. 83 tahun 2016, peluang implementasi Perhutanan Sosial di KHDTK Samboja, potensi permasalahan yang muncul kedepan dan tantangan pengelolaan KHDTK Samboja dengan pola perhutanan sosial. 

Selanjutnya Antun Puspanti akan menutup majalah kali ini dengan tulisan berjudul “Strategi Adaptasi Perubahan Iklim untuk Konservasi Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati”. 

Pada kesempatan ini Swara Samboja mengetengahkan peneliti ahli bekantan pertama di Indonesia, Prof. Dr. M. Bismark yang akan berbagi pengalaman dalam konsistensinya meneliti satwa. Selamat Membaca.

 

Baca selengkapnya Majalah Swara Samboja Vol VII/No 3/Th 2018

Per topik:

Cover - Berburu Resep Obat di Haratai

Jalan Panjang Menuju Fitofarmaka Kalimantan; & Pesona Wisata Karst di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Sulawesi Selatan

Peluang dan Tantangan Pengelolaan KHDTK Samboja untuk Implementasi Perhutanan Sosial Berdasarkan Peraturan Terkini; & Strategi Adaptasi Perubahan Iklim untuk Konservasi Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati

 

Informasi lebih lanjut:
Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja
url : http://samboja.litbang.menlhk.go.id atau http://balitek-ksda.or.id
Jl. Sukarno Hatta Km.38, Samboja, Po. Box 578, Balikpapan 76112, Telp. 0542-7217663, Fax. 0542-7217665, email: balitek.ksda@gmail.com

 

Penulis : Balitek KSDA