Dientry oleh Rizda Hutagalung - 01 March, 2019 - 1436 klik
Outing dan RePeat Rehab DAS di KHDTK Tumbang Nusa, BP2LHK Banjarbaru Sekaligus Resmikan Fasilitas Tambahan

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, Februari 2019)_Dalam rangka memotivasi dan penyegaran pegawai, Balitbang LHK Banjarbaru mengadakan kegiatan Outing dan RePeat (rehabilitation of peatland) yaitu penanaman lahan gambut bekas terbakar secara sukarela di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah, 14-15 Februari 2019 lalu. Acara ini sekaligus menandai peluncuran penanaman lahan gambut bekas terbakar seluas 200 Ha dalam kegiatan Rehab DAS. 

“Kegiatan keliling secara bergantian pada setiap KHDTK ini rencananya akan menjadi agenda Balai, jika tahun lalu kita melakukan rapat dan menanam buah-buahan di KHDTK Kintap, maka saat ini kita melakukan Outing dan RePeat di KHDTK Tumbang Nusa,” kata Kepala BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi, M.Sc dalam sambutannya. 

Di hadapan para jajarannya, Tjuk bersyukur karena KHDTK Tumbang Nusa saat ini sudah memiliki sarana tambahan yang dinamakan CAMP PEAT (camping ground), sehingga mereka dapat berkemah bersama di tengah hutan dan melakukan RePeat. “Acara ini sekaligus untuk launching kegiatan penanaman lahan gambut bekas terbakar dalam kegiatan Rehab DAS seluas 200 Ha,” kata Tjuk lebih lanjut. 

Pengguntingan pita menandai peresmian pondok kerja atau camp yang berada di lokasi penanaman dilakukan oleh Kepala Balai didampingi pejabat struktural dan karyawan BP2LHK Banjarbaru pada hari kedua. 

“Untuk nama pondok kerja atau camp yang ada di areal lokasi penanaman ini saya namakan DOME PEAT,” kata Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru sambil menggunting pita. 

Pada hari kedua ini, jajaran BP2LHK Banjarbaru telah menanam 1.500 tanaman rambutan dan menabur 500 ekor bibit ikan di kolam beje. 

“Semoga di areal ini nanti tidak hanya jenis tanaman hutan saja, namun ketika ke lapangan terdapat buah yang bisa dinikmati dan ikan yang bisa menjadi lauk, sehingga gambut sebagai sumber kehidupan dapat kita rasakan disini,” kata Tjuk Sasmito Hadi. 

Untuk mempererat kebersamaan pegawai, sebelumnya, di hari pertama, pegawai sharing pendapat. Hal ini dilakukan dalam suasana santai sambil bakar sate kambing dan makan durian bersama. Setelah menikmati makan malam, bermain dan bernyanyi bersama, para pegawai beristirahat di arena CAMP PEAT. 

“Dalam suasana outing di alam bebas ini kita dapat melakukan sharing dan curah pendapat terkait kegiatan kantor maupun yang lain untuk sama-sama meningkatkan prestasi dan kemajuan Balai,” kata Tjuk. 

Sebagaimana diketahui bahwa penanaman di areal bekas terbakar KHDTK Tumbang Nusa terus dilakukan, baik melalui kegiatan penanaman lahan bekas terbakar secara sukarela (RePeat), penanaman dalam rangka RHL (Rehabilitasi Hutan dan Lahan) maupun Rehab DAS yang baru saja diluncurkan.  Diharapkan penanaman – penanaman ini dapat segera memulihkan kembali tutupan lahan dan vegetasi pasca kebakaran serta mengembalikan habitat flora dan fauna hutan rawa gambut.***

Penulis : Tim website