Dientry oleh Risda Hutagalung - 16 July, 2019 - 2005 klik
RePeat Lagi, 1.100 Bibit Meranti Rawa Ditanam di Lahan Gambut Tumbang Nusa

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, Juli 2019)_Mengusung program RePeat (Rehabilitation of Peatland), Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru selaku pengelola terus mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi menanam di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa. Untuk yang ke-27 kalinya, Selasa (9/7/2019) RePeat kembali dilakukan. Sebanyak 1.100 bibit Shorea balangeran atau biasa disebut meranti rawa ditanam di sana.

Adalah PT. Kalimantan Surya Kencana (KSK) dan Siswa SMKN 7 Palangkaraya yang menggelar aksi peduli lingkungan dengan melakukan penanaman tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

“Kami mengucapkan terima kasih dan bergembira karena dalam  kegiatan penanaman ini, dapat terjalin kolaborasi antara pihak perusahaan, BPDAS Kahayan sebagai penyedia bibit, BP2LHK Banjarbaru mempersiapkan areal tanam di KHDTK Tumbang Nusa dan murid-murid SMKN  7 Palangkaraya yang belajar melakukan praktik penanaman di lahan gambut, tentu ini menjadi pengalaman bagi para siswa-siswi sekalian,” kata Didik Prasetyo, Kepala Teknik Tambang PT. KSK. 

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan mineral. PT. KSK juga berkewajiban berkontribusi  melakukan perbaikan lingkungan. Di satu sisi, perusahaan mendapatkan profit dari dalam bumi berupa mineral, di sisi lain untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan, perusahaan juga melakukan penanaman,” kata Didik Prasetyo, Kepala Teknik Tambang PT. KSK. 

Bertema “Kendalikan Polusi Udara dengan Penanaman”, kegiatan penanaman ini diharapkan berhasil mengendalikan polusi udara. Seperti diketahui, semakin banyak pohon yang kita tanam, akan semakin banyak menghasilkan oksigen bagi lingkungan dan mengurangi pencemaran udara. 

Menyambut baik penanaman ini, Purwanto Budi Santosa, Pengelola KHDTK Tumbang Nusa menyampaikan bahwa kegiatan RePeat ini dilakukan untuk mengajak masyarakat luas berpartisipasi memperbaiki kerusakan hutan rawa gambut di KHDTK Tumbang Nusa. 

“Sejak dimulai 3 tahun yang lalu, kegiatan RePeat kali ini yang ke 27 dan merupakan RePeat yang ke 4 dengan  partisipasi dari perusahaan. 23 Hektar areal sudah ditanami dalam kegiatan RePeat ini. Kami membuka diri dan mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi  secara sukarela untuk memperbaiki kerusakan hutan rawa gambut pasca terbakar,” kata Purwanto. 

“Dengan menanami hutan bekas terbakar ini, masyarakat dapat mengetahui kondisi kerusakan dan kesulitan yang dialami di lapangan. Dengan demikian harapannya akan tumbuh empati masyarakat untuk turut menjaga hutan rawa gambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran,” tambah Purwanto. 

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasinya, Kepala BP2LHK Banjarbaru memberikan sertifikat kepada PT. KSK dan para siswa yang ikut dalam kegiatan ini. Jaga gambut kita, gambut jaga kita.***

Penulis : Tim website