Dientry oleh Risda Hutagalung - 13 August, 2019 - 1291 klik
SILAPONG: Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium Serpong Resmi Diluncurkan

BLI (Serpong, Agustus 2019) _Untuk meningkatkan pelayanan jasa kepada pelanggan internal maupun eksternal, Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL), Badan Litbang dan Inovasi – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI – KLHK) mengembangkan sebuah aplikasi dan diberi nama SILAPONG. Bertepatan dengan pembukaan kegiatan Media Dialog dan Festival Tropical Forestry and Environment Research, Selasa (13/8/2019), "Sistem Informasi Laboratorium Serpong" tersebut resmi diluncurkan bersama 4 Paradigma Baru Badan Litbang dan Inovasi KLHK. 

“Dalam rangka mengarusutamakan peran penting institusi riset serta urgensi iptek dan inovasi sebagai penyangga kebijakan, regulasi dan aksi kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hari ini, 13 Agustus 2019, saya Menteri LHK meluncurkan tonggak baru penelitian, pengembangan dan inovasi KLHK yaitu 4 paradigma baru BLI KLHK dan SILAPONG: Sistem Informasi Laboratorium Serpong. Semoga BLI dapat terus meningkatkan kemanfaatan serta daya guna iptek dan inovasi yang dihasilkan,” demikian pernyataan peluncuran oleh Menteri LHK, Dr. Siti Nurbaya, M.Sc yang diwakili Kepala BLI KLHK, Dr. Agus Justianto. 

Didampingi Staf Ahli Menteri LHK Bidang Industri Perdagangan Internasional, Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, pernyataan peluncuran ini disampaikan di Auditorium Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) di Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.kn selaku pemerintah setempat turut hadir pada acara tersebut. 

“SILAPONG : Sistem Informasi Laboratorium Serpong adalah inovasi terbaru P3KLL yang berfungsi sebagai dasar pengambilan keputusan bagi langkah pengembangan pelayanan Laboratorium P3KLL,” ujar Kepala P3KLL, Ir. Herman Hermawan, MM. dalam acara Media Dialog sesaat setelah SILAPONG diluncurkan. 

Kepada para awak media dan para undangan yang hadir, Herman menyampaikan, SILAPONG adalah aplikasi pelayanan pengujian dan atau kalibrasi alat di laboratorium P3KLL berbasis website dan android yang dirancang khusus untuk menghimpun pemesanan layanan pengujian dan atau kalibrasi alat di laboratorium. SILAPONG mempercepat proses pemesanan layanan pelanggan dengan menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi mulai dari pemesanan contoh uji, proses penanganan contoh uji/alat uji sampai dengan terbitnya “Sertifikat Hasil Uji” dan atau “Sertifikat Hasil Kalibrasi”. 

“Lebih cepat, mudah dan dapat dilakukan dimana saja sehingga dapat menghemat waktu dan menghemat penggunaan kertas (paperless) serta dapat digunkaan untuk melakukan evaluasi pelayanan laboratorium,” tambah Herman. 

SILAPONG memberikan fasilitas permintaan pelanggan yang bermacam-macam sesuai kebutuhan jenis pengujian dan atau kalibrasi  dan parameter atau besaran yang diuji dan atau kalibrasi. Jenis pelayanan jasa pengujian laboratorium yang ada pada aplikasi SILAPONG adalah jenis pengujian laboratorium B3, laboratorium biologi, laboratorium toksikologi, laboratorium udara, dan laboratorium kebisingan. Sedangkan jenis pelayanan kalibrasi alat adalah laboratorium kalibrasi.

Seperti diketahui, pelayanan yang baik adalah pelayanan yang berorientasi terhadap upaya peningkatan mutu untuk memenuhi harapan atau kepuasan pelanggan. Data hasil pengujian dan atau kalibrasi bisa dikatakan mempunyai mutu tinggi apabila data hasil tersebut dapat memuaskan pelanggan dengan tetap mempertimbangkan aspek teknis sehingga precision and accuracy (ketelitian dan ketepatan) yang tinggi dapat dicapai. 

Selain itu, data tersebut harus mempunyai kemamputelusuran pengukuran dan terdokumentasi dengan baik, sehingga dapat dipertahankan secara ilmiah maupun hukum. Seluruh metode dan prosedur operasional laboratorium harus terpadu, mulai dari perencanaan pengambilan sampel, penanganan, pemeriksaan, sampai pemberian laporan hasil ke pelanggan. 

Bagi yang tertarik menggunakan aplikasi ini, silakan mengunduh aplikasi “silapong” di playstore atau buka situsnya di http://silapong.id.

Penulis : Risda Hutagalung